Ridwan Kamil Akui Bahasa Sunda Ternyata Lebih Sulit Ketimbang Ini

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Menggunakan bahasa Sunda ternyata gampang-gampang sulit. Setidaknya itu dirasakan Walikota Bandung Ridwan Kamil. Kendati berasal dari lingkungan adat Sunda, namun Ridwan Kamil mengaku sulit juga menggunakan Bahasa Sunda ketimbang Bahasa Inggeris.


“Kalau menggunakan bahasa Inggeris kan hanya menggunakan teori gender dan waktu. Kalau bahasa sunda ada undak usuk bahasa, itu yang sulit,” ujar Ridwan Kamil kepada wartawan, Rabu (27/4).

Meski demikian, budaya Sunda dan penggunaan bahasa Sundanya tetap harus dilestarikan. Walaupun dalam prakteknya memang sulit.

“Memang harus dipaksakan agar terbiasa. Saya juga, walaupun susah tetap dipaksakan untuk menggunakan bahasa Sunda saat pidato di hari Rabu,” papar Ridwan Kamil.

Sebab itu, lanjut Ridwan Kamil, program Rebo Nyunda sebagai benteng terakhir untuk melestarikan budaya, harus sukses dilaksanakan.

Dari sekitar 700 bahasa daerah yang ada di Indonesia, Bahasa Sunda termasuk ke dalam warisan budaya lokal yang cukup lama bertahan. Meskipun demikian, jika tidak dilestarikan tetap lama-lama akan punah. Bahasa Batak adalah bahasa yang paling cepat punah, dan yang paling lama bertahan adalah bahasa Bali. Karena penggunaan bahasa Bali disisipkan ke dalam setiap tampilan kebudayaan.

“Makanya, seharusnya bahasa Sunda juga disisipkan ke dalam gelaran budaya Sunda lainnya,” harap Ridwan Kamil. (mur)‎

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …