Pemerintah Siapkan Rp 1 Triliun untuk Bangun 3 Lapas Baru

Lapas

Lapas

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Sejumlah opsi untuk mengurai problematika pengelolaan lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) terus dilakukan Kementerian Hukum dan HAM. Pembangunan penjara akan menjadi solusi jangka panjang.


Sementara untuk shortcut-nya dipilih merevisi peraturan pemerintah (PP) 99 / 2012 yang mengatur pengetatan remisi.

Apapun opsi yang akan diambil pemerintah, pelaksanaannya tentu tidak mudah. Misalnya pembangunan lapas baru yang kini dananya telah disiapkan Rp 1 triliun. Dana itu untuk membangun tiga lapas di wilayah Jakarta, Medan dan Pulau Nusakambangan.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly mengatakan uang tersebut sifatnya dana mendesak untuk mengatasi masalah krusial. “Uang kita terbatas, jadi tidak bisa membangun sekalian di banyak tempat,” kata Yasonna.

Pembangunan tiga lapas itu telah melalui kajian. Termasuk melihat over kapasitas penjara di wilayah tersebut beserta tingkat kriminalitasnya. Lapas baru di Medan, Jakarta dan Nusakambangan nantinya dimanfaatan untuk program redistribusi napi.

Para narapidana di lapas di sekitar Jakarta, Medan, Jawa Tengah dan Jawa Timur akan menempati lapas-lapas baru itu. (guy/bay/jpg)

Loading...

loading...

Feeds

Habib Rizieq Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com,JAKARTA– Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab minta maaf karena beberapa waktu lalu dirinya membuat kerumunan massa …

Libur Natal-Tahun Baru Dipangkas 3 Hari

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA– Libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) akhirnya jadi dipangkas. Pemerintah memutuskan mengurangi jatah libur Nataru selama …

Viral Azan Serukan Jihad

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Aksi sekelompok orang yang mengumandangkan azan pada beberapa tempat viral di media sosial (medsos). Namun, dari panggilan …