Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Dapat Lewat ATM BCA

Suasana-launching-e-Samsat-dan-pembayaran-PKB-via-ATM-BCA. Foto: Penaninda

Suasana-launching-e-Samsat-dan-pembayaran-PKB-via-ATM-BCA. Foto: Penaninda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengambil langkah strategis demi memberikan kemudahan dan kenyamanan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) untuk provinsi Jawa Barat melalui ATM BCA. Komitmen ini ditandai dengan menandatangi MoU Pembayaran PKB Pemprov Jabar.


Penandatangan MoU berlangsung di Cikapundung River Spot, Jalan Cikapundung Timur, Braga, Bandung, Rabu (27/4).
Dalam kesempatan itu, PT BCA bersama jajaran kepolisian se-Bandung Raya melaunching e-Samsat yang disaksikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Kapolda Jabar Irjen Jodie Roseto dan Kepala Cabang PT Jasa Raharja Jawa Barat Delya Indra, Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat H Dadangserta serta Direktur BCA Santoso dan jajaran direksi BCA.

Bank BCA dalam pelayanannya senantiasa mengutamakan kenyamanan para nasabahnya. “Sebagai bank yang visinya menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat, dan upaya memberikan kemudahan serta kenyamanan masyarakat Jabar khususnya nasabah BCA dalam membayar pajak kendaraan bermotor, maka BCA melakukan kerja sama ini,” ujar Direktur BCA, Santoso seusai penandatangan MoU dan launching e-Samsat.

Menurut Santoso, alternatif pembayaran ini diharapkan dapat menjawab kendala wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya, yakni waktu dan lokasi pembayaran yang kurang fleksibel. Dengan program ini, wajib pajak tak perlu lagi datang ke kantor Samsat, karena melalui ATM BCA, mereka dapat dengan mudah membayar pajak kendaraan bermotor kapan saja dan di mana saja.

Wajib pajak cukup mendaftar dengan mengetik sms ke Samsat Jabar dengan format : esamsat (spasi) no. rangka (spasi) NIK KTP (spasi). Setelah itu, nasabah akan menerima jawaban spesifikasi kendaraan,
jumlah tagihan dan kode bayar. Dengan menggunakan kode bayar, pewajib pajak dapat melakukan pembayaran melalui ATM BCA yang tersebar di seluruh Indonesia.
Bukti transaksi pembayaran di ATM tersebut dapat menjadi bukti yang sama dan sah dengan bukti yang dikeluarkan Samsat untuk pembayaran resmi.
“Selain ingin memelihara loyalitas dari pada nasabah, adanya dukungan kepada pihak pemerintahan pun selalu kami lakukan,” papar Santoso.

Sebagai bank percontohan, BCA ingin membuat membuat gerakan nontunai di Jawa Barat berhasil, salah satunya dengan transaksi e-Samsat yang baru saja dilaunching.

“Saat ini bayar pajak dulu dengan nontunai, mungkin nanti seperti Jakarta untuk bayar transportasi pun menggunakan nontunai,” ucap Santoso.

Sejauh ini, menurut Santoso, pihak BCA menyediakan ratusan ATM di Jabar yang tersebar di berbagai daerah.

“Nasabah BCA sendiri di Jawa Barat sekitar 1,4 juta orang dan dengan adanya program ini semoga bisa semakin bertambah,” tambahnya.

Menurutnya, selain ingin memberikan pelayanan yang terbaik adanya kerja sama dengan berbagai pihak di Jawa Barat untuk gerakan nontunai pun bisa segera terlaksana.

“Tak hanya bank swasta kami, namun juga seluruh bank di Indonesia pun bisa melakukan hal serupa,” pungkasnya.

Santoso berharap, dengan kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan BCA, masyarakat tidak lagi mengalami kendala dalam membayar pajak. “Sehingga ke depannya, penerimaan pajak dapat meningkat,” pungkasnya.(nto/cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Maradona Pulang ke Tangan Tuhan

Duka warga dunia di sepanjang tahun pandemi 2020 ini kian berlarat-larat saja. Jelang tengah malam kemarin WIB, Diego Maradona, salah …