Kepala Pengamanan Lapas Berinisial K, Tersangka Tewasnya Napi Lapas Banceuy

pemakaman napi Lapas Banceuy Undang Kosim. 
di TPU Sirnaraga, Bandung, Minggu (24/4). (nida khairiyah)

pemakaman napi Lapas Banceuy Undang Kosim. di TPU Sirnaraga, Bandung, Minggu (24/4). (nida khairiyah)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Banceuy berinisial K menyandang status tersangka usai kerusuhan yang berujung kebakaran di Lapas Banceuy, Sabtu (23/4) pekan lalu.


Status tersangka disematkan polisi setelah memeriksa tujuh petugas dan satu warga binaan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap tujuh orang, tiga petugas dan satu warga binaan sudah dikembalikan. Sementara itu, yang empat petugas kami proses, dan sudah kami naikkan statusnya jadi tersangka,” ujar Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Angesta Romano Yoyol saat ditemui di Markas Polda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Selasa (26/4).

Menurutnya, tiga petugas yang menjadi tersangka berinisial R, G dan L. Mereka ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan melakukan penganiayaan terhadap Undang Kosim (54), warga binaan yang tewas di sel pengasingan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banceuy.

Yoyol mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan terhadap empat petugas lapas yang ditetapkan sebagai tersangka.

“Empat orang masih kami proses lanjut sejauh mana keterlibatannya masing-masing, serta perannya masing-masing. Ini kan perlu crosscheck dan pemeriksaan,” katanya seraya menjelaskan, langkah itu sesuai dengan komitmen Lapas dan petuah Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

“Sesuai komitmen Lapas dan Pak Menteri (Kemenkumham) siapapun yang bersalah, harus sesuai aturan yang berlaku,” ungkapnya.(cr2).

Loading...

loading...

Feeds