Dishub Kota Bandung Kaji Larangan Siswa Bawa Kendaraan Pribadi ke Sekolah

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Untuk memberikan pendidikan berlalulintas kepada masyarakat, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung melakukan sosialisasi lewat media sosial.


“Kami membuat video berdurasi 1 menit, lalu akan disosialisasikan lewat media sosial, karena lebih banyak menarik perhatian,” ujar Kepala Dishub Kota Bandung Didi Ruswandi, kepada wartawan Selasa (26/4).

Meski banyak diminati masyarakat, namun belum ada kajian apakah cara itu cukup efektif mengubah perilaku atau belum. Selain dinilai lebih efektif, sosialisasi lewat media sosial juga dinilai cukup murah.

“Kalau tahu sih pasti tahu, cuma kalau mengubah perilaku, kita masih belum ada kajiannya,” ungkap Didi.

Ke depan, untuk mengurangi angka pelanggaran di jalan raya, Didi mengatakan, pihaknya tengah mengkaji kemungkinan larangan membawa kendaraan pribadi ke sekolah. Karena sekarang, banyak anak usia SMP dan SMA membawa kendaraan ke sekolah, dan pihak sekolahnya juga memfasilitasi lahan parkir.

“Kalau usia anak SMP, sudah pasti tidak punya SIM, dan itu jelas melanggar. Nah untuk mengurangi angka pelanggaran salah satunya melarang anak sekolah bawa kendaraan pribadi,” paparnya.

Didi mengatakan inovasi ini sudah mendapat lampu hijau dari wali kota. Hanya saja, harus ada solusi yang diberikan.

“Kami memberikan solusi, salah satunya adalah sekolah harus menyediakan kendaraan antar jemput untuk siswanya. Misalnya dengan dikelola koperasi masing-masing sekolah,” katanya.

Pemkot Bandung sendiri, sekarang punya program bike to school, untuk segera dilaksanakan.

“Dengan begini, sekolah tidak perlu menyediakan lahan parkir,” tambahnya. ‎

Untuk mengujicobakan larangan membawa kendaraan pribadi ini, Didi mengatakan, pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung.

“Namun, sepertinya baru bisa ditindaklanjuti setelah pelaksanaan UN (Ujian Nasional,red),” pungkasnya. (mur)‎

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …