Dibakar Napi, Kerugian Lapas Banceuy Capai Rp 6 Miliar

Pasca Kerusuhan Lapas Banceuy_Khairizal Maris_RADAR BANDUNG

Pasca Kerusuhan Lapas Banceuy_Khairizal Maris_RADAR BANDUNG

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kerugian akibat kericuhan dan kebakaran yang melanda Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy diperkirakan mencapai Rp 6 miliar.
Selain bangunan dan kendaraan operasional, data-data soal warga binaan turut terbakar pada kerusuhan yang terjadi Sabtu (23/4) lalu.

“Kerugian capai Rp 6 miliar secara materil. Tapi kerugian lain-lainnya jauh lebih besar. Misalnya persoalan petugas, persoalan pelayanan, data warga binaan itu jauh lebih besar kerugiannya karena tidak bisa dinilai,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jawa Barat, I Wayan Sukerta, kepada wartawan di Lapas Banceuy, Selasa (26/4).

Wayan mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM soal data-data warga binaan tersebut. Sebab beberapa data warga binaan yang terbakar itu juga terkait dengan pembebasan bersyarat.

“Semua masih disusun dan koordinasikan dengan direktorat jenderal untuk bisa disusun didapatkan kembali data warga binaan. Data-data tersebut sudah di-backup di kantor kementerian pusat,” ujar Wayan.

Soal bangunan yang terbakar, pihaknya akan membangun kembali seperti semula dengan jangka waktu tertentu.
Mengenai investigasi internal, kata Wayan, pihaknya menunggu hasil pemeriksaan polisi. Sejauh ini polisi masih meminta keterangan kepada petugas lapas dan seorang warga binaan.

“Secara internal nanti tim inspektorat jenderal akan pendalaman,” pungkasnya.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Cara Memperbarui Whatsapp GB

POJOKBANDUNG.com–DENGAN menggunakan whatsapp GB tentu akan mendapatkan banyak fitur yang tidak di miliki whatsapp resmi. Pengguna dapat menginstalnya melalui berbagai …