SMPN 13 Wakili Kota Bandung Lomba Sekolah Sehat Nasional

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pembentukan karakter menjadi kriteria penilaian paling menonjol dalam lomba sekolah sehat tingkat nasional. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandung Elih Sediapermana.


“Yang paling penting dari penilaian sekolah sehat ini, adalah pembentukan karakter siswa yang peduli terhadap kebersihan dan lingkungan, dan itu tidak bisa dilakukan secara instan,” ujar Elih Sediapermana, kepada wartawan (25/4).

Elih mengatakan, untuk kembali memenangkan peringkat pertama sekolah sehat, yang paling penting adalah mengajak siswa menjadi bagian dari upaya peraihan predikat tersebut. Karenanya dibentuk kelompok kerja dan lain-lain.

“Agar siswa jadi punya rasa ikut berjuang dan bertanggungjawab, bukan hanya berpengetahuan,” tegasnya.

Di Kota Bandung sendiri, sekolah yang mewakili lomba sekolah sehat tingkat SMP adalah SMPN 13.
Untuk menunjang semua itu, semua stakeholder ikut membantu, termasuk beberapa SKPD di lingkungan Pemkot Bandung. Bantuan kran air siap minum dari PDAM, vertikal garden dari Dinas Pertanian dan Ketahamanan Pangan, perbaikan jalan bantuan dari Dinas Binamarga dan Pengairan, dan taman dari Dinas Pertamanan dan Pemakaman.

“Ya untuk ikut dalam perlombaan sekolah sehat, cukup memiliki sekolah yang bersih, tidak harus bagus. Tapi, kalau ingin menang ya harus punya polesan lain,” paparnya.

SMP 13 sendiri, lanjut Elih, kini dalam upaya menuju kemenangan itu. Karenanya, selain mendapat bantuan dari SKPD, juga mempercantik lingkungan sekolah, seperti memperbaiki toilet.

“Seperti arahan Pak Wali (Wali Kota Bandung, red), bahwa toiletnya harus standar bintang tiga,” terangnya.

Juga menata kantin, membina siswa dan lingkungan, serta menjaga agar lingkungan sehat, dan sanitasi terjaga baik.

“Jangan ada sanitasi yang tersumbat,” tegasnya.‎ (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …