Perda KBU Disahkan Pekan Ini

Kawasan Bandung Utara (KBU)

Kawasan Bandung Utara (KBU)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–DPRD Jawa Barat akan segera mengesahkan revisi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Pengendalian Pemanfaatan Ruang Kawasan Bandung Utara (KBU). Menurut rencananya, revisi perda tersebut akan disahkan melalui sidang paripurna yang akan digelar pada Jumat (29/4).

Ketua Panitia Khusus I DPRD Jabar yang membahas revisi perda KBU Tia Fitriani mengatakan, dengan adanya raperda yang baru ini, diharapkan penegakkan aturan bisa lebih tegas. Menurutnya, perda yang baru ini memiliki aturan yang lebih jelas.

Pasal-pasal yang multi tafsir dihapuskan agar tidak terjadi kesimpangsiuran di lapangan. Menurut Tia, pasal yang multi tafsir ini terutama menyangkut batas wilayah.

Selama ini, kata Tia, hal tersebut sering menjadi perdebatan saat terjadi masalah di zona KBU. Nantinya, perda baru ini akan mengatur batas wilayah lebih jelas yang terbagi dalam lima zonasi.

“Judul perdanya juga diganti menjadi Pengendalian KBU sebagai Kawasan Strategis Provinsi. Perda kemarin tidak jelas batas wilayah. Sekarang dipertegas melalui peta zona. Skala petanya juga lebih besar 1:5.000 peta. Kalau dulu kan 1:25.000 terlalu kecil, jadi tidak jelas,” ucapnya.

Adapun perda yang baru ini memuat 22 bab. Pasal-pasal di dalamnya menjadi 65 pasal dari semula 46 pasal. Perda baru ini diharapkan tidak tumpang tindih dan diselaraskan dengan Peraturan Presiden Cekungan Bandung.

Dengan adanya perda baru ini, kata Tia, diharapkan tidak ada lagi pelanggaran aturan di KBU. Pembangunan harus semakin terkendali agar kelestarian KBU dapat tetap terjaga. “Kami sudah berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri, sehingga tidak ragu untuk memparipurnakannya Jumat pekan ini,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds