Ini Harapan Wagub, Terkait 4 Sekolah di Jabar Ikut Lomba Sekolah Sehat

Wagub Jabar Deddy Mizwar

Wagub Jabar Deddy Mizwar

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Empat sekolah akan mewakili Provinsi Jawa Barat pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional. Ke-empat sekolah tersebut adalah TK Pembina Kabupaten Kuningan, SD Islam Terpadu Al Haraki Kota Depok, SMPN 13 Kota Bandung, dan SMAN Sindang Kabupaten Indramayu.

Lomba Sekolah Sehat ini digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak 1991 lalu. Tujuannya adalah untuk mengampanyekan dan mengajak seluruh sekolah di Indonesia agar bisa menanamkan budaya hidup bersih dan sehat kepada peserta didik yang dimulai dari lingkungan sekolah.

Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar mengatakan, program LSS ini sangat positif untuk menumbuhkan gerakan pola hidup sehat sejak dini. Dengan program tersebut diharapkan para pelajar dapat menerapkan pola hidup sehat di lingkungan keluarga bahkan ketika mereka telah dewasa dan menjadi orangtua.

“Salah satu hal yang membebani anggaran negara saat ini yaitu anggaran untuk kesehatan. Kita bisa menghemat anggaran dengan menerapkan pola hidup sehat masyarakatnya. Dengan begitu, anggaran kesehatan bisa dialihkan untuk kepentingan lain,” kata Deddy saat menerima Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat, di Gedung Sate, Bandung, Senin (25/4).

Menurut Deddy, LSS menjadi hal yang sangat penting dan berharap bisa menyebar serta dilakukan secara menyeluruh ke berbagai lembaga pendidikan di seluruh Indonesia. “Saya berharap lomba sekolah sehat dapat mengajarkan generasi yang sadar dan melakukan pola hidup bersih dan sehat. Output-nya bisa menjadi manusia-manusia produktif karena seluruh aspek kehidupan, hakikat kehidupan dari manusia akan terganggu apabila tidak sehat,” kata Deddy.

Kepala Dinas Kesehatan Jabar Alma Lucyati mengatakan, LSS ini bukan sekedar soal meraih sebuah kemenangan. Menurutnya, program LSS merupakan momentum kebersamaan antar lembaga pemerintahan khususnya Kemendikbud, Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kemendagri dalam menyiapkan generasi masa depan yang sehat.

“Sebetulnya ini bagaimana kita menyiapkan sebuah generasi masa depan, karena pendidikan itu prosesnya tidak bisa jadi begitu saja. Mulai dari SD, SMP, SMA, itulah yang menjadi sebuah contoh karakter bangsa ke depan,” kata Alma di tempat yang sama.

Selain menggencarkan gerakan pola hidup sehat di sekolah, menurutnya, peran serta masyarakat dan lingkungan juga sangat diperlukan untuk menciptakan generasi sehat di masa yang akan datang. Dengan begitu, Kadinkes optimistis ke depan kondisi dunia akan lebih baik.

Empat sekolah yang mewakili Jabar pada LSS untuk tingkat nasional tersebut, kata dia, telah mengikuti seleksi mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, hingga level provinsi. Empat sekolah tersebut akan bertarung dengan sekolah lainnya dari seluruh provinsi di Indonesia.

Alma menjelaskan, untuk penilaian keempat sekolah tersebut, yakni untuk SMPN 13 Kota Bandung akan dilakukan pada Senin ini (25/4). TK Pembina di Kabupaten Kuningan pada Selasa (26/4), SMAN Sindang Kabupaten Indramayu dan SD IT Al Haraki Kota Depok akan dinilai pada Rabu (27/4). (agp)

Loading...

loading...

Feeds