Dedi Janjikan Golkar Bebas Politik Uang

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Golongan Karya (Golkar) Jawa Barat Dedi Mulyadi mengaku akan langsung bekerja untuk menghadapi sejumlah ajang politik yang digelar. Ketua Golkar Jabar yang baru terpilih ini bertekad mendongkrak elektabilitas kadernya pada pemilihan kepala daerah 2017, 2018, dan Pemilu Legislatif 2019 mendatang.

Dedi menuturkan, dirinya akan fokus pada peningkatan kualitas kader Golkar di berbagai tingkatan. Ini sangat penting karena kader partai yang akan duduk di eksekutif dan legislatif ini sangat menentukan kualitas pembangunan negara.

“Orang-orang yang masuk itu adalah orang-orang yang secara kredibilitas itu diakui oleh publik,” kata Dedi usai Musda IX Golkar Jabar, di kawasan Jalan Pasteur, Bandung, Sabtu (23/4). Musda tersebut dihadiri Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie serta sejumlah bakal calon ketua umum yang akan bertarung pada Munaslub Golkar 2016 seperti Ade Komarudin, Azis Syamsudin, dan Idrus Marham,

Dedi menuturkan, pihaknya akan langsung menjaring kader-kader potensialnya untuk ditawarkan kepada masyarakat dalam pilkada maupun pileg mendatang. Partai Golkar Jabar, kata dia, akan menggandeng lembaga survei independen untuk mengukur popularitas, elektabilitas, dan kualitas kadernya.

“Apalagi nanti Golkar akan mengusulkan pemilihan legislatif dengan sistem tertutup. Tentunya ini tidak boleh main-main,” ujarnya.

Bahkan, kata Dedi, penilaian seperti ini pun akan dilakukan kepada kadernya yang sudah menjabat di eksekutif dan legislatif. Masyarakat berhak tahu mengenai kinerja dan prestasi mereka selama menjalankan tugas kenegaraan tersebut.

“Dan akan saya umumkan pada publik, di seluruh lapisan mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun DPR RI yang berbasis Jawa Barat. Sehingga nanti seluruh kinerja legislatif dan eksekutif dari Partai Golkar terukur oleh masyarakat, dan penilaiannya bukan subyektif,” kata Dedi seraya menyebut penilaian itu akan dilakukan setiap enam bulan sekali.

Sehingga, Dedi mengklaim, Golkar Jabar di bawah pimpinannya akan terbebas dari politik transaksional karena lebih mengedepankan kualitas dan integritas kader. Bahkan, Bupati Purwakarta ini mengaku tidak akan ragu memecat kadernya yang bermain politik uang.

“Enggak ada mahar. Satu rupiah pun enggak boleh. Siapa pun akan saya pecat nanti kalau menggunakan momentum politik, eksekutif, legislatif untuk mencari keuangan,” ujarnya.

Khusus untuk pilkada 2017 di Kota Tasikmalaya, Cimahi, dan Kabupaten Bekasi, dirinya dalam waktu dekat ini akan melakukan kunjungan ke daerah tersebut. “Akan roadshow untuk lakukan komunikasi politik. Saya akan lihat siapa di wilayah tersebut yang paling baik,” katanya.

Dedi menambahkan, bakal calon kepala daerah yang diusung Golkar tidak selalu harus kadernya. “Apabila dia bukan kader partai, maka enggak ada ‘problem’. Kan prinsip Golkar prinsip kerakyatan, siapa pun yang memiliki komitmen kerakyatan, Pancasila, pluralisme, akan kita dukung,” katanya.

Pada Musda IX Partai Golkar Jabar, Sabtu kemarin, Dedi terpilih secara aklamasi setelah kandidat lainnya, Irrianto MS. Syafiuddin (Yance) mundur dari persaingan. Pernyataan mundur Yance ini disampaikan langsung olehnya dalam sambutan pembukaan musda tersebut.

Mantan Bupati Indramayu yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Jabar ini mundur karena alasan keluarga. Selain itu, Yance berharap adanya regenerasi di tubuh Partai Golkar Jabar.

“Saya berikan kepemimpinan Golkar Jabar ke Dedi,” katanya. Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie mengaku terkejut dengan keputusan Yance ini.

Hingga sesaat sebelum musda digelar, menurutnya Yance masih menyatakan kesiapannya untuk maju dalam pemilihan tersebut. “Saya kaget mendengar pernyataan mundur Yance,” katanya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …