Bupati Bandung Dadang Naser Akan Tukar Kadis Pariwisata

Bupati Bandung Dadang Naser

Bupati Bandung Dadang Naser

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Bupati Bandung, Dadang M Naser berencana menukar Kepala Dinas Pariwisata dengan Kabupaten Badung Provinsi Bali.


Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kepariwisataan di Kabupaten Bandung.

“Dulu saya punya keinginan supaya Kadispopar diberangkatkan ke Bali, dan Kadis pariwisata ke sini, supaya bisa belajar meningkatkan pariwisata,” tutur Dadang, belum lama ini.

Menurutnya, jika pertukaran Kadis Pariwisata dilakukan selama tiga bulan saja, maka pariwisata di Kabupaten Bandung akan meningkat secara pesat, mengigat banyak potensi wisata yang masih belum tergali secara optimal.

Secara kultur, kata Dadang, Kabupaten Bandung tidak jauh berbeda dengan Bali. Bahkan, jika melihat nama, banyak kesamaan antara Bandung dengan Bali.

“Di Kabupaten Bandung ada Ranca Bali dan di Bali ada daerah namanya Badung, secara pelafalan tidak jauh berbeda,”ucapnya.

Selain itu, di wilayah Kabupaten Bandung juga mempunyai daerah yang masih memegang teguh adat. Potensi tersebut bisa menyedot wisatawan jika dikelola secara optimal.

Seperti di Kampung adat Cikondang di Kecamatan Cimaung, Kampung adat Batukarut di Kecamatan Arjasari. Lalu ada juga kampung seni Jelekong yang terkenal dengan seni wayang golek serta seni lukisnya.

“Bahkan seni rampak kendang yang seringkali dimainkan diberbagai daerah hingga keluar negeri itu asalnya yah dari sini. Itu seniman dan perajin kendangnya orang Ciparay. Nah ini yang harus dikembangkan hingga menjadi industri pariwisata,” katanya.

Apabila kehidupan masyarakat yang kental dengan adat budayanya berhasil dikemas dan menjadi bagian tak terpisahkan dari industri pariwisata. Maka bisa mensejahterakan masyarakatnya, tanpa harus kehilangan jatidiri mereka sebagai orang Bali dan Indonesia.

“Kampung seni Jelekong di Kecamatan Baleendah juga harus bisa seperti Desa Ubud di Bali sana. Begitu juga dengan kampung adat dan desa wisata lainnya di Kabupaten Bandung harus seperti di Bali. Nah ini yang menjadi mimpi saya dan akan kami lakukan,” pungkasnya. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds