Patut Ditiru Siswi di SMK Ini Berhasil Rakit Sepeda Motor Hybrid

Ilustrasi sepeda motor hybrid

Ilustrasi sepeda motor hybrid

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Kita patut bangga dengan para siswa SMK. Dengan pelajaran yang terima dari para guru, mereka bisa melakukan berbagai inovasi dan penemuan baru.


Baru-baru ini, siswi SMK Teknologi Balung Jember, Sofi,  berhasil merakit sepeda motor dengan menggunakan dua energi. Hebatnya, sepeda motor yang diberi nama Hybrid itu mampu melaju dengan sempurna, dan irit bahan bakar.

Pada acara hari Kartini, sambil mengenakan pakaian adat dalam, Sofi tetap asyik menyelesaikan motor ciptaannya itu. Padahal, siswi jurusan permotoran tersebut sudah menghabiskan waktu hampir tiga jam untuk merangkai bagian mesin dan rangkaian elektro motor.

Setelah semuanya beres, Sofi langsung langsung mencoba motor Hybrid rakitannya. Hasilnya cukup memuaskan, tak ada kerusakan mesin sedikit pun. Motor tersebut justru melaju secara stabil.

“Untuk merakit motor ini butuh waktu satu bulan bersama bimbingan guru kami,” tuturnya.

Sementara itu, gurunya, Danang, mengaku motor tersebut hanya membutuhkan satu liter premium untuk menempuh jarak 120 kilometer.

“Sedangkan saat menggunakan tenaga listrik aki mencapai 60 kilometer,” jelasnya.

Kalau daya aki habis, mesin mampu secara otomatis mengisi sendiri dari rangkaian yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Jika uji coba ini berhasil 100 persen, pihak sekolah berencana akan memproduksi secara massal untuk dikomersilkan.

(ira/ril/PS)

Loading...

loading...

Feeds