DPKAD Kota Bandung Kesulitan Kelola Lahan Aset Pemkot‎

Pemkot Bandung

Pemkot Bandung


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PDKAD) Kota Bandung mengaku kesulitan mengelola aset berupa tanah.
Hal itu diungkapkan, Kepala DPKAD Kota Bandung, Dadang Supriatna.


“Karena kita kan bukan hanya mengelola yang sudah ada, tapi juga pengadaan tanah di seluruh SKPD di lingkungan Pemkot Bandung,” ujar Dadang kepada wartawan, dalam acara Bandung Menjawab, Kamis (21/4).

Dadang mengatakan, kesulitan pengadaan lahan baru, ketika lahan yang diajukan masih dalam sengketa, atau kepemilikannya tidak jelas. Ini serupa dengan lahan yang akan dibeli oleh RSUD Ujungberung, yang tengah dalam sengketa.

“Sehingga ini akan mempersulit kami dalam melakukan proses pembelian,” kata Dadang.

Kesulitan lainnya, lanjut Dadang, ketika lahan yang sudah dibeli, namun identitas tidak lengkap. Ada alamatnya, namun tidak ada luas wilayah, bahkan ada juga yang tidak ada alamat dan luas wilayahnya.

“Untuk menelusuri yang tidak ada alamatnya, kami harus membuka dokumen lama, sehingga diketahui persis dan segera diurus legalitasnya,” papar Dadang.

Menurut Dadang, jika dirupiahkan, jumlah nilai aset tanah yang dimiliki Pemkot Bandung dengan berbagai identitas mencapai Rp4 triliun. Dari angka tersebut, berdasarkan catatan DPKAD per 31 Desember, lahan yang luasnya tidak tercantum, senilai kurang lebih Rp3,7 triliun.

“Dari jumlah Rp3,7 triliun itu, Rp970 miliar sudah bisa ditindaklanjuti,” tambahnya.

Sedangkan lahan yang tidak ada alamatnya mencapai Rp152 miliar, dan sudah berhasil ditindaklanjuti senilai Rp242 milaar. Sedangkan lahan yang tanpa alamat dan luas wilayah, diperkirakan senilai Rp194 miliar, dan sudah berhasil ditindaklanjuti senilai Rp626 miliar.

“Namun untuk jumlah bidang tanahnya kita tidak tahu persis. Ini hanya nilai aset tanah yang dimiliki Pemkot Bandung,” tegas Dadang.

Jadi, lanjut dia, kalau dihitung-hitung, dari total nilai aset tanah yang dimiliki Pemkot Bandung sebesar Rp4,05 triliun, yang sudah ditindaklanjuti senilai Rp1,839 triliun.
“Sehingga jika diprosentasi sekitar 45 persen,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …