Di Tangan Mahasiswa ITB Ini, Kulit Buah Salak Jadi Obat Diabetes

karya mahasiswa ITB. (detik.com)

karya mahasiswa ITB. (detik.com)

 


POJOKBANDUNG.com, JAKARTA–Ini kabar menggembirakan bagi pasien pengidap gula darah atau diabetes. Soalnya, penyakit tersebut bisa diobati dengan kulit buah salak. Tentunya pengobatan dengan kulit buah salak tersebut lebih murah.

Adalah Hilda Nur Azizah, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang berhasil mengolah sampah kulit buah salak ini menjadi obat penyakit gula darah atau diabetes.

Hilda tak sendirian menyulap kulit buah salak itu menjadi obat. Bersama dua temannya, Hilda membuat obat tersebut. Hilda sendiri mengaku, pembuatan obat tersebut terinspirasi dari kepercayaan orang-orang tua di Tasikmalaya yang kerap merebus kulit salak untuk mengatasi diabetes.

“Awalnya dari kepercayaan orang-orang tua, ternyata setelah kita teliti dalam kulit salak yang diekstraksi ada zat aktif simplisia. Itu sangat baik untuk menyembuhkan gula darah,” ujar Hilda, Rabu (20/4/2016).

Hilda menambahkan, untuk produksi massal, dia mengumpulkan kulit salak dengan cara membeli sisa salak jenis Manonjaya yang banyak dibuang petani di daerah Tasikmalaya.

“Kalau salak manonjaya kadang dibuang karena jelek, kulitnya kita ambil. Harga salaknya hanya Rp 500/kg. Kita olah jadi serbuk dan kemudian diekstrak untuk dibuat bubuk atau tablet kapsul,” jelas mahasiswa Jurusan Farmasi ITB ini.
Kulit salak ini, lanjut Hilda, sudah terbukti mampu menurunkan atau menormalkan gula darah. Hilda sudah mencoba pada tikus percobaan yang telah diberikan makanan dengan kadar gula tinggi.

“Gulanya dari level 210 pada pada tikus setelah kita beri makanan manis dosis tinggi, langsung turun normal di bawah 100 setelah makan ekstrak kulit salak. Pada manusia juga sama,” paparnya. (dtc)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …