Reklamasi Pantai Jakarta Dilakukan, Ini Imbasnya bagi Jawa Barat

Wagub Jabar Deddy Mizwar

Wagub Jabar Deddy Mizwar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengkritisi rencana reklamasi teluk pantai utara Jakarta. Hal ini dikarenakan material untuk proyek tersebut diprediksi banyak yang berasal dari Jabar.


Jika hal itu benar, Deddy khawatir akan menyebabkan kerusakan lingkungan di Jabar. “Untuk reklamasi itu material pembangunannya dari mana kalau selain dari Jawa Barat?,” ucap Deddy.

Maka, kata Deddy, perlu sinergitas antara Pemerintah Provinsi Jabar dengan DKI Jakarta. “Jadi harus terintegrasi, Jakarta tidak bisa berdiri sendiri mereklamasi itu, dari mana ngambilnya? Lihat rusaknya seperti apa Bogor,” jelasnya.

Deddy menilai, jika tanpa sinergitas di antara Jakarta dan Jabar, hal ini bisa menimbulkan kerusakan lingkungan.

“Jangan-jangan hanya memindahkan bencana. Jadi harus diatur, dari mana mengambil materialnya, di mana jalannya, di mana drainase material tadi, jangan sampai material diangkut ke sana tapi menghancurkan tatanan kehidupan masyarakat Jabar, mengabaikan RTRW,” bebernya.

Deddy mengakui, dirinya sempat melakukan pembahasan terkait reklamasi teluk Jakarta dengan beberapa menteri dan instansi terkait lainnya.

“Dalam rapat koordinasi soal reklamasi beberapa waktu lalu, beberapa menteri kan menolak, sementara Pemprov DKI mendorong terus,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds