Siapa Juara La Liga? Barca atau Duo Madrid.. Ini Prediksinya

POJOKBANDUNG.com- BARCELONA  kembali terpeleset di Camp Nou dengan menelan kekalahan 2-1 atas Valencia (18/4). Kekalahan ini yang kedua kali berturut-turut Barcelona di kandang, setelah dikalahkan Real Madrid di partai sebelumnya.


Dalam statistik Opta, hattrick kekalahan Barcelona di La Liga itu yang pertama sejak Februari 2003. Akibatnya kini tak ada laga margin poin antara Barcelona dengan Atletico Madrid yang duduk di posisi runner up. Keduanya sama-sama mengemas 76 poin.

Sementara Real Madrid duduk di posisi ketiga. Real siap menyalip keduanya merebut titel La Liga. Real kini hanya punya jarak satu poin dari Barcelona dan Atletico.

Persaingan ketat antara ketiga tim ini mengingatkan pada tiga musim terakhir, 2013-2014, 2009-2010, dan 2006-2007, dimana pemenang La Liga harus ditentukan pada jornada ke-38.

Melihat jadwal ketiga tim, di lima laga tersisa, Barcelona dan Atletico tak ada jadwal bertemu tim lima besar. Sementara Real punya satu agenda bertemu Villarreal yang duduk di posisi keempat.

Barcelona akan bertemu Deportivo La Coruna (20 April/tandang), Sporting Gijon (23 April/kandang), Real Betis (30 April/tandang), Espanyol (8 Mei/kandang), dan Granada (15 Mei/tandang).

Sedang Atletico akan melawan Athletico Bilbao (20 April/tandang), Malaga (23 April/kandang), Rayo Vallecano (30 April/kandang), Levante (8 Mei/tandang), dan Celta Vigo (15 Mei/kandang).

Lalu Real bersua Villarreal (20 April/kandang), Rayo Vallecano (23 April/tandang), Real Sociedad (30 April/tandang), Valencia (8 Mei/kandang), dan Deportivo La Coruna (15 Mei/tandang).

Dan La Liga tidak seperti Premier League dalam menentukan gelar juara liga. Jika di kompetisi Inggris buat menentukan juara ditentukan poin, lalu selisih gol,  jumlah gol yang dicetak dan play off sebagai opsi terakhir, maka tidak demikian dengan La Liga.

Di La Liga, faktor penentu juara adalah poin, head to head poin, head to head selisih gol, selisih gol, jumlah gol yang dihasilkan, poin fair play, dan play off.

Melihat syarat-syarat itu, maka Barcelona dan Atletico meski sama-sama punya poin 76, namun Barcelona secara head to head poin lebih apik ketimbang Atletico. Dalam dua pertemuan musim ini di La Liga, Barcelona dua kali menang. Artinya unggul poin menjadi satu-satunya hal yang bisa dilakukan Atletico kalau mau menyalip Barcelona.

Sedang kalau Barcelona dan Real memiliki poin yang sama, Barcelona tetap di lebih unggul. Meski secara head to head poin sama, Barcelona menang sekali dan Real sekali, akan tetapi head to head selisih gol pertemuan keduanya, Barcelona lebih apik.

Barcelona menang 4-0 pada pertemuan pertama (21/11). Sementara Real hanya menang 2-1 pada pertemuan kedua (3/4). Agregat pertemuan keduanya menjadi 5-2.

Jadwal Sisa Trio Papan Atas La Liga musim ini :

Barcelona

21 April: away vs Deportivo (La Liga)

24 April: home vs Sporting Gijon (La Liga)

1 Mei: away vs Real Betis (La Liga)

8 Mei: home vs Espanyol (La Liga)

15 Mei: away vs Granada (La Liga)

22 Mei: vs Sevilla (final Copa del Rey)

Atletico Madrid

21 April: away vs Athletic Bilbao (La Liga)

23 April: home vs Malaga (La Liga)

28 April: home vs Bayern Muenchen (Liga Champions)

30 April: home vs Rayo Vallecano (La Liga)

4 Mei: away vs Bayern Muenchen (Liga Champions)

8 Mei: away vs Levante (La Liga)

15 Mei: home vs Celta Vigo (La Liga)

Real Madrid

21 April: home vs Villarreal (La Liga)

23 April: away vs Rayo Vallecano

27 April: away vs Manchester City (Liga Champions)

30 April: away vs Real Sociedad (La Liga)

5 Mei: home vs Manchester City (Liga Champions)

8 Mei: home vs Valencia

15 Mei: away vs Deportivo

(adk/jpnn/dra/ca)

 

 

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …