Peringati HUT 66 Satpol PP, Ini Pesan Ridwan Kamil

Ilustrasi Satpol PP

Ilustrasi Satpol PP

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Walikota Bandung Ridwan Kamil meminta Satpol PP Kota Bandung lebih humanis ketimbang represif dalam melaksanakan tugas.


“Saya kan membacakan pesan ‎dari Pak Mendagri. Pesan pertamanya, pendekatannya harus humanis kemudian disiplin, tegas, dan berwibawa. ‎Saya lebih tekankan kepada Satpol PP untuk melakukan pendekatan humanis saat menjalankan tugas,” ujar Ridwan Kamil dalam acara Peringatan hari ulang tahun ke 66 Satpol PP dan perlindungan masyarakat ke 54 tahun 2016, Selasa (19/4).

Ridwan Kamil mengatakan, cara-cara humanis yang dilakukan yakni dengan merekrut anggota satpol PP wanita atau yang biasa disebut mojang satpol PP.

“Cara humanis ini diterjemahkan oleh Bandung perbanyak kan mojang pol PP. Kalau bisa dengan kelembutan kenapa harus sesuatu yang sifatnya keras atau kasarlah begitu,” kata Ridwan Kamil.

Sesuai undang-undang, tugas satpol PP ini menjadi kewajiban setiap pemerintahan. Untuk itu pemerintah pusat akan mengalokasikan dana kepada satpol PP melalui dana alokasi khusus.‎

“Sekarang sudah digeser di peraturan perundangan yang baru ini menjadi tugas wajib pemerintahan. Kalau tugas wajib artinya dana dari pusat pun akan dialokasikan banyak untuk pol PP. Jadi kalau kita minta alat-alat dan lain-lain gak harus selalu APBD juga bisa minta ke pusat,” ungkap Ridwan Kamil. (mur)

 

Loading...

loading...

Feeds