Lapan Perkirakan Ada Perbedaan Awal Puasa 2016

Pemantauan hilal. Foto: Ilustrasi

Pemantauan hilal. Foto: Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tahun lalu muncul prediksi awal puasa (1 Ramadan) dan lebaran (1 Syawal) akan kompak hingga 2024. Namun Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memperkirakan ada potensi perbedaan dalam penetapan 1 Ramadan 1437 H/2016 M.


Kepala Lapan Thomas Djamaluddin menuturkan secara garis besar ada tiga sistem atau kriteria penetapan kalender hijriyah. Seperti penetapan 1 Ramadan, 1 Syawal, 1 Dzulhijjah, dan bulan-bulan kalender hijriyah lainnya.

Ketiga kriteria itu adalah Wujudul Hilal yang digunakan Muhammadiyah, Imkanul Rukyah (tinggi hilal minimal 2 derajat) Nahdlatul Ulama (NU), dan kriteria Hisab-Rukyah (tinggi hilal 4-6 derajat) acuan Persis (Persatuan Islam).

Dari ketiga acuan itu, Thomas mengatakan, NU dan Muhammadiyah akan kompak mengawali puasa pada 6 Juni. Pasalnya tinggi hilal pada 5 Juni sudah memenuhi kriteria pemantauan (rukyah) hilal.

“Namun dalam acuan Persis, tinggi hilal belum memenuhi kriteria,” katanya. Sehingga ada potensi Persis mengawali puasa 7 Juni.

Menurut Thomas, PP Muhammadiyah melalui sistem hisab dan kriteria Wujudul Hilal-nya, sudah memastikan 1 Ramadan jatuh pada 6 juni dan 1 Syawal pada 6 Juli.

Sementara NU seperti biasa masih menunggu rukyah dan sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag).

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Machasin mengatakan sidang isbat 1 Ramadan akan digelar 5 Juni. Sementara sidang isbat 1 Syawal digelar 4 Juli. Dia menuturkan Ramadan tahun ini akan berdurasi 30 hari. Pasalnya posisi hilal pada 4 Juli masih minus. Sehingga durasi bulan puasa digenapkan (isti’mal) jadi 30 hari.

“Sehingga Insyallah 1 Syawal juga kompak 6 Juli,” tuturnya.

Machasin menjelaskan masyarakat sudah tidak perlu lagi berdebat soal kompak dan perbedaan penetapan hari besar Islam. Sebab setiap ormas Islam memiliki kriteria sendiri.(wan/jpg)

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Hadirkan To The POIN Festival

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA–Menjelang perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Telkomsel kembali memberikan program spesial kepada seluruh pelanggan setia dengan menggelar …