Dukung Gelaran PON XIX di Jabar, Ini yang Disiapkan Dinkes Jabar

logo PON

logo PON

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat menyiapkan tim medis yang terdiri dari dokter, paramedi dan sumber daya pendukung lainnya untuk penyelenggaraan PON XIX/2016 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jabar.


“Tim dokter sudah dilakukan persiapan sejak jauh-jauh hari, sehingga mereka bisa menjalankan tugasnya secara maksimal di ajang PON dan Peparnas nanti. Mereka nanti akan diberi pembekalan, khususnya mereka yang beru pertama kali bertugas di ajang seperti PON dan Peparnas ini,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Jabar Dr Alma Luchyati di Bandung, Selasa (19/4).

Alma yang juga Kepala Bidang Kesehatan PB PON XIX/2016 menyatakan, pihaknya telah menetapkan titik-titik Posko Kesehatan PON XIX/2016 termasuk melakukan koordinasi dengan Sub PON XIX/2016 sebagai penyelenggara di daerah.

Pelayanan kesehatan yang diberikan, kata Alma adalah sejak kedatangan kontingen, selama penyelenggaraan PON dan Peparnas. Pelayanan diberikan kepada seluruh panitia, undangan dan pihak lain yang terlibat PON dan Peparnas, anggota kontingen dan lainnya.

Posko kesehatan itu menurut dia akan ditempatkan di terminal kedatangan dan kepulangan peserta, tempat penginapan peserta, tempat pertandingan serta di tempat-tempat kegiatan resmi PON dan Peparnas.

“Pelayanan kesehatan dilakukan mulai tiga hari sebelum pelaksanaan dan dua hari setelah pelaksanaan PON dan Peparnas berlangsung,” katanya.

Setiap posko akan ditempati oleh tim medis yang terdiri dari seorang dokter, dua orang perawat serta satu petugas ambulance yang dilengkapi dengan perlatan medis sesuai dengan standar operasional penanganan pada PON dan Peparnas. “PB PON juga memberikan pelayanan kesehatan bersifat emergency kepada masyarakat penonton yang mengalami sakit atau cedera saat menonton atau mengikuti kegiatan resmi PON dan Peparnas,” kata Alma Luchyati yang juga pernah menjadi Dokter Teladan Jawa Barat itu.

Sedangkan untuk dokter pertandingan, Alma menjelaskan ditetapkan atas penunjukan atau penugaan cari induk organisasi cabang olahraga masing-masing melalui technical delegate cabang olahraga yang bersangkutan.

Ketika ditanyakan jumlah dokter paramedis yang akan dikerahkan, kata dia jumlahnya cukup besar karena pertandingan tersebar di 15 kabupaten/kota di Jabar. Namun demikian, pihaknya akan melakukan persiapan semaksimal mungkin dengan mengerahkan personil yang ada.

“Penugasan akan diatur seefektif mungkin, dan pelayanan di fasilitas kesehatan tempat mereka bertugas juga harus tetap berjalan,” katanya.(*/ant)

Loading...

loading...

Feeds