DAK Bidang Pertanian Dukung Ketahanan Pangan

POJOKBANDUNG.com, KUNINGAN–Mempetahankan NKRI bukan saja berbicara tentang senjata perang dan menjaga wilayah perbatasan, agar tidak dicomot oleh negara lain. Akan tetapi dalam era globalisasi saat ini, serta dalam rangka mengisi kemerdekaan, upaya mewujudkan ketahanan pangan merupakan salah satu upaya dari mempertahankan NKRI.


“Oleh karena itu kami TNI siap membantu para petani sebagai Pahlawan NKRI dalam bidang ketahanan pangan, jadi jangan ragu untuk meminta bantuan, kami akan selalu siap membantu para petani untuk mensukseskan pertanian,” ujar Dandim 0615/Kuningan, Letkol Inf Arief Hidayat Sip pada acara Penyerahan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Pertanian TA 2016 di RM Bang Jack Jalan Raya Caracas Cilimus Kuningan, Senin (18/4) yang digelar Dinas pertanian, Peternakan dan Perikanan Kab Kuningan.

Dana Alokasi Khusus Bidang Pertanian TA 2016 diperuntukan kelompok tani, salah satu diantaranya yang mendapatkan dana tersebut adalah Kelompok Tani Mekarsari I Desa Indrapatra Kecamatan Cigandamekar. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan Embung, Karya Bakti III Desa Pancalang untuk pembangunan irigasi permukaan (Pipanisasi), Karya Mandiri Desa Ciwaru untuk pembangunan usaha tani, Mekar Hurip Desa Sindang Kecamatan Lebak wangi untuk pengembangan jaringan irigasi.

Selain itu DAK diperuntukan juga bagi kelompok perikanan dalam pengembangan unit pembenihan rakyat dan pemasaran hasil perikanan serta pengembangan kawasan budidaya perikanan. Adapun yang mendapatkan DAK yaitu kelompok perikanan Mina karya Sejahtera desa Karangmuncang Kecamatan Cigandamekar, Mekar Jaya I Desa Bakom kecamatan Darma dan Rumah Ikan Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana.

Tampak hadir Wakil Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH, Kaditanakan Kabupaten Kuningan Ir Hj. Triastami, Pasi Ter Kodim 0615/Kuningan Kapten Arh Aef Saefudin, Para Camat, Kepala UPTD Pertanian.(Pendam III/Siliwangi)

Loading...

loading...

Feeds