Pelaksanaan UN Tingkat SMP di Kota Cimahi Belum Pakai Sistem UNBK

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/Sederajat di Kota Cimahi belum menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT). Alasannya, kesiapan perangkat belum maksimal.


Hal itu disampaikan Plt Kadisdikpora Kota Cimahi, Maria Fitriana. Ia mengatakan, kepastian belum siapnya perangkat tersebut setelah pihaknya melakukan pendataan ke setiap sekolah.

“Sebelum pelaksanaan UN SMP, kami sudah melakukan pendataan mengenai ketersediaan sarana prasarana sekolah setingkat SMP yang akan melaksanakan UN. Hasolnya, UNBK untuk SMP belum bisa tahun ini,” katanya, Senin (18/4).

Maria menilai jika dipaksakan tahun ini berbasis UNBK, maka pelaksanaannya tidak akan maksimal. Untuk itu, UN untuk tingkat SMP difokuskan pada sistem berbasis kertas. Alasan lain, pihaknya tidak mau memaksakan sekolah sehingga mengganggu kesiapan siswa.

“Kalau dipaksakan (menggunakan UNBK) bisa saja. Tapi kita tidak mau membebani siswa. Tahun ini biarlah, kita belum bisa menyiapkan UNBK,” ucapnya.

Ia melanjutkan, jika memang ada yang siap, pihaknya akan mendukung dan mendorong sekolah melaksanakn sistem UNBK. Mengenai kesiapan penjagaan soal berikut dengan distribusinya, dia menjamin bahwa pelaksanaan UN SMP yang akan dilaksakan 9 Mei mendatang akan tetap sama.

Hal itu untuk menjaga kualitas UN. Titik pengumpulan soal masih akan dilakukan di Kantor Pemkot Cimahi, tepatnya di Gedung B. Dia berpesan, kepada setiap elemen yang terlibat dalam pelaksanaan UN, yaitu pihak sekolah, khususnya orang tua agar menjaga anaknya dalam hal kesiapan fisik dan mental anak.

“Jangan menjadikan UN ini menjadi hal menakutkan. UN hanya standart nasional bukan penentu pelulusan,” pungkasnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds