Ini yang Sebabkan Turunnya Harga Rumah di Tiga Wilayah Bandung Selatan

Dayeuh Kolot tergenang banjir, Kamis (14/4)_Khairizal Maris

Dayeuh Kolot tergenang banjir, Kamis (14/4)_Khairizal Maris

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Banjir tahunan yang menggenang Bandung wilayah selatan seperti Dayeuhkolot, Bojongsoang dan Baleendah Kabupaten Bandung, turut andil dalam menurunkan harga jual rumah dan bangunan di wilayahh tersebut.


Ketua DPP Asosiasi Pengembang Perumahan Rakyat Seluruh Indonesia (AP2ERSI), Ferry Sandiyana mengatakan, rumah dan bangunan di kawasan rendaman banjir mempunyai nilai jual yang rendah dari harga normal.

“Bahkan rumah di kawasan tersebut sangat sulit laku ketika akan dijual,”tutur Ferry, Minggu (17/4).

Dalam kurun lima tahun terakhir, banjir di wilayah tersebut cenderung meluas. Hal tersebut terlihat dari beberapa komplek perumahan yang sebelumnya bebas banjir, saat ini mulai terendam walaupun dalam skala kecil.

Padahal, kebanyakan perumahan yang ada di kawasan tersebut dikategorikan masih baru, sehingga dipastikan saat proses pembangunan dijamin bebas banjir.

Menurut Ferry, persyaratan untuk membangun sebuah komplek perumahan cukup ketat, dimana salah satunya pengembang diwajibkan melakikan analisis hodrologi kawasan yang akandibangun.

“Kalau perumahan lama masih dimungkinkan terjadi perubahan struktur saluran air. Tapi kalau perumahan baru kemungkinannya kecil,” ujarnya.

Jika permasalahan banjir dibiarkan berlarut-larut, Ferry khawatir nilai investasi dalam sektor perumahan akan mengalami penurunan.

Oleh sebab itu, dia berharap agar pemerintah segera melakukan pembangunan danau retensi.

Ferry berharap warga yang akan dibebaskan tanahnya untuk dijadikan danau retensi ini bisa dengan ikhlas menjual tanahya dengan harga pantas. Jangan sampai, katanya, rencana pembangunan danau retensi ini terhambat dan masalah banjir semakin sulit terselesaikan. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …