Cegah Korupsi, Kejari Cimahi Bentuk Tim Ini

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI–Kejaksaan Negeri Cimahi (Kejari) Cimahi membentuk Tim Pengawal, Pengamanan, Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) untuk pelaksanaan pembangunan di Cimahi. Fungsi tim tersebut salah satunya melakukan pendampingan hukum sebagai upaya pencegahan tindak korupsi.


Hal itu disampaikan Kajari Cimahi, Kusnendar saat sosialisasi TP4D kepada para anggota dan staf DPRD Cimahi diruang rapat Banmus DPRD Cimahi, belum lama ini.

Ia menuturkan, sosialisasi TP4D merupakan program kejaksaan untuk mendukung pembangunan daerah bebas dari penyimpangan.

“Tim ini siap melakukan pendampingan hukum dalam tiap pembangunan termasuk masalah pengadaan barang dan lainnya. Makanya kita sosialisasikan dulu tim tersebut,” katanya.

Untuk pendampingan ini, lanjut Kusnendar, SKPD atau DPRD bisa mengajukan surat ke Kejari. Salah satu SKPD yang sudah mengajukan yaitu Dinas PU dalam pembangunan technopark.

Ia mengatakan, pembangunan tersebut akan dimonitoring tim ini. Jika dalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan yang direncanakan, bisa diingatkan.

“Kalau setelah ditegur tetap saja, tentu akan kita tindak dengan hukum,” ujar Kusnendar.

Biasanya, Kusnendar katakan, tindak pidana korupsi biasannya rawan saat pelaksanaan. Oleh karena itu, monitoring akan terus dilakukan sampai selesai dengan melibatkan orang ahli dalam pembangunan.

“meski kami melakukan pendampingan, bukan berarti terbebas dari korupsi. Sebab kalau ada penyalaghunaan dan diingatkan tetap membandel, kami akan melakukan tindakan hukum,” ujarnya.

“Jadi bukan berarti karena didampingi jadi tidak akan ditindak,” tegasnya.

Sementara Ketua DPRD Cimahi, Ahmad Gunawan menuturkan, pihaknya mengundang Kejari untuk sosialisasi TP4D sebagai itikad baik dan intropeksi diri. Dimana dewan yang mempunyai mengawasi hingga tahu caranya.

“Kita memang tidak mengerjakan proyek karena tugas pemerintah. Tapi minimal kita tahu bagaimana pelaksanaan tugas mengawasi pembangunan,” ujarnya. (bbb)

Loading...

loading...

Feeds