Liverpool Tak Gentar Dikepung Spanyol

Liverpool meluapkan kegembiraan usai gol keempat yang dicetak Dejan Lovren tercipta ke gawang Borussia Dortmund. Liverpool lolos ke semifinal Liga Europa. Foto: Zimbio

Liverpool meluapkan kegembiraan usai gol keempat yang dicetak Dejan Lovren tercipta ke gawang Borussia Dortmund. Liverpool lolos ke semifinal Liga Europa. Foto: Zimbio

POJOKBANDUNG.com, LIVERPOOL – Magic Istanbul 2005. Spirit dari momen ajaib Liverpool ketika menjuarai Liga Champions musim 2004-2005 kembali menggema. Bedanya getaran semangat para penggawa The Reds kali ini lahir di ajang Europa League.


Liverpool mencapai semifinal Europa League 2015-2016 dengan drama dalam second leg perempat final Europa League di Anfield. Liverpool menang 4-3 atas Borussia Dortmund.

Selain Liverpool, dua klub Spanyol Sevilla juga Villarreal dan Shakhtar Donetsk mencapai babak semifinal Europa League. Dalam proses drawing di markas UEFA, Nyon Swiss, takdir mempertemukan Shakhtar versus Sevilla. Lalu Villarreal lawan Liverpool.

Semifinal Europa League bakal digelar 28 April dan 5 Mei. Pada first leg 28 April, Shakhtar dan Villarreal akan menjadi tuan rumah. Baru kemudian 5 Mei di second leg giliran Sevilla dan Liverpool gantian sebagai host.

Sebelas tahun lalu, Liverpool bersua raksasa Italia AC Milan di final. Dalam 45 menit pertama, Liverpool tertinggal 0-3 dari Milan dan sepertinya Milan akan menggelar pesta buat gelar ketujuh Liga Champions miliknya di Istanbul.

Rupanya malam itu, Milan bukan yang dicinta Dewi Fortuna, dewi keberuntungan dalam mitologi Romawi. Steven Gerrard dkk menyamakan kedudukan 3-3 dalam 45 menit kedua dan memenangi pertandingan lewat drama adu penalti.

“Keajaiban Istanbul bukan satu-satunya yang dibicarakan ketika turun minum. Akan tetapi spirit Istanbul adalah salah satu momentum yang sangat bagus untuk ditularkan kepada para pemain,” tutur pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Dengan Magic Anfield 2016 itu, Klopp punya modal memenangi Europa League musim ini. Sepak bola heavy metal, demikian Klopp menyebut pressing tinggi yang diterapkan anak asuhnya, asal konsisten bisa dijadikan senjata pamungkas timnya.

Mengenai calon lawannya di semifinal, Liverpool tak punya rekam jejak bertemu Villarreal. Akan tetapi dalam tiga kali semifinal lawan klub Spanyol di ajang Europa League atau UEFA Cup, Liverpool menang dua kali dan kalah sekali.

Hasil Drawing Europa League

Shakhtar Donetsk vs Sevilla

Leg Pertama:     28 April 2016 (Arena Lviv, Lviv)

Leg Kedua:          5 Mei 2016 (Ramon Sanchez Pizjuan, Seville)

Villarreal vs Liverpool

Leg Pertama:     28 April 2016 (El Madrigal, Villarreal)

Leg Kedua:          5 Mei 2016 (Anfield, Liverpool)

(dra/ca)

 

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …