Didanai Pusat, Lelang Proyek LRT Kota Bandung Dihentikan

Ilustrasi LRT

Ilustrasi LRT

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG— Light Rail Transit (LRT) Bandung Raya dibiayai ABPN, sebab itu, lelang investasi untuk pembangunan LRT di Kota Bandung dihentikan.


“Alhamdulillah, untuk pembangunan LRT ini, kita sepenuhnya dibiayai pusat,” ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil kepada wartawan, Jumat (15/4).

Ridwan Kamil mengatakan, kini tinggal menunggu payung hukum berupa perpres, untuk melindungi kegiatan pembangunan ini. ‎
Dalam rancangan perpres, dituliskan tidak hanya pembangunan LRT di Kota Bandung saja yang ‎dibiayai pemerintah, melainkan Bandung Raya, yang meliputi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dan Sumedang.

“Untuk panjang rute, di lima kabupaten/kota ini, diperkirakan sepnjang 60 kilometer. Namun, untuk Kota Bandung sekitar 30 kilometer,” papar Ridwan Kamil.

Sedangkan untuk biaya yang dibutuhkan, Ridwan Kamil mengaku belum tahu persis berapa jumlahnya. Hanya saja, jika diperkirakan, Bandung Raya memerlukan biaya sekitar Rp 30 triliun.

“Untuk Kota Bandung saja sih‎ cuma perlu Rp10 triliun,” tambahnya.

Sebagai tahap awal, menurut Ridwan Kamil, memang rute Kota Bandung dulu yang akan dibangun. Dengan rute Tegal Luar sampai ke pusat Kota Bandung.

“Dari Tegal Luar itu, melalui GBLA, masjid terapung, Gedebage dan langsung ke pusat Kota Bandung,” ungkapnya.

Ridwan Kamil menambahkan, satu rute itu bisa terdiri dari 15 shalter pemberhentian. Jadi tidak dari ujung ke ujung.
Harapannya, pembangunan ini selesai pada 2018, bersamaan dengan pengerjaan kereta cepat milik pusat.

“Sehingga bisa digunakan bersamaan antara kereta cepat dengan LRT,” paparnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …