Banjir Bandung Selatan, Berkah bagi Kusir Delman

Delman menerobos genangan banjir Bandung selatan. (mildan)

Delman menerobos genangan banjir Bandung selatan. (mildan)

POJOKBANDUNG.com, BALEENDAH– Sudah tiga bulan terakhir, Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang Kabupaten Bandung terendam banjir.

Tidak hanya rumah penduduk, beberapa ruas jalan juga terendam oleh air dengan ketinggian sampai 50 sentimeter. Akibatnya, kendaraan bermotor tidak bisa melintasi jalan yang terendam.

Kondisi tersebut, membuat kusir delman ditiban rezeki. Banyaknya orang yang hendak beraktivitas memilih menggunakan delman untuk menembus banjir.

Salah seorang kusir delman di Baleendah, Feri (20) mengatakan, selama banjir menggenang, penghasilannya meningkat beberapa kali lipat.

“Kalau tidak sedang banjir, paling sehari dapat Rp50 ribu. Tapi kalau sedang banjir begink, bisa dapat Rp200 ribu sampai Rp300 ribu,”tutur Fery, Jumat (15/4).

Selain cukup banyak orang yang menggunakan delman, melipatnya penghasilan para kusir juga karena ongkos juga menjadi naik.

Saat normal, tarif delman dari Pasar Baleendah ke Masjid Agung Dayeuhkolot hanya Rp2.000 perorang. Tapi saat banjir, tarifnya naik menjadi Rp5.000 per orang, setiap kali narik, delman membawa 5 sampai enam orang penumpang.

“Ramenya pagi-pagi dan sore, soalnya banyak anak sekolah dan pegawai,”ujarnya.

Nurjaman (32) kusir lainnya mengatakan, tarif Rp5.000 saat banjir bukan karena memanfaatkan kondisi, melainkan resiko juga tinggi.

Dipaparkannya, terendam banjir, jalan menjadi tidak terlihat, padahal jalur Baleendah-Dayeuhkolot terdapat banyak lubang. Dengan kondisi seperti itu, kuda bisa saja terpeleset dan mengakibatkan cedera.

“Beban kuda juga jadi lebih berat ketika membawa penumpang di banjir,”ujarnya.

Tidak hanya itu, kuda juga menjadi cepat lelah karena sering berada di dalam air, bahkan jika tidak dirawat, kuda bisa mengalami kedingingan.

Untuk mencegah kedinginan, kata Nujaman, setiap hari kuda harus dimandikan dengan menggunakan air hangat.

“Kalau tidak dimandikan air hangat, bisa kedinginan dan sakit,”ujarnya. (Mld)

loading...

Feeds

Waduh! Persib Pecat Gomez

Mantan pelatih Johor Darul Takjim itu harus menyelesaikan masa baktinya di klub kebanggaan Bobotoh lebih dini dari durasi kontraknya. Kontraknya …

Tujuh Pendiri Saung Udjo Digugat

Sidang pertama penggugat pemisahan lahan peninggalan Udjo oleh Daeng Oktafiandi Udjo digelar di PN Bandung, Selasa (11/12). Namun, dari tujuh …

Waduh! KPK OTT Bupati Cianjur

Tim Satgas Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi dikabarkan kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT), di daerah Jawa Barat. Dalam operasi kedap …

BRI Ajak Mahasiswa Unpad Kembangkan UMKM

Dukungan UMKM terhadap pertumbuhan ekonomi di era teknologi makin dilirik kalangan perbankan, salah satunya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero).  Untuk menyukseskannya …