Banjir Bandung Selatan, Berkah bagi Kusir Delman

Delman menerobos genangan banjir Bandung selatan. (mildan)

Delman menerobos genangan banjir Bandung selatan. (mildan)

POJOKBANDUNG.com, BALEENDAH– Sudah tiga bulan terakhir, Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang Kabupaten Bandung terendam banjir.

Tidak hanya rumah penduduk, beberapa ruas jalan juga terendam oleh air dengan ketinggian sampai 50 sentimeter. Akibatnya, kendaraan bermotor tidak bisa melintasi jalan yang terendam.

Kondisi tersebut, membuat kusir delman ditiban rezeki. Banyaknya orang yang hendak beraktivitas memilih menggunakan delman untuk menembus banjir.

Salah seorang kusir delman di Baleendah, Feri (20) mengatakan, selama banjir menggenang, penghasilannya meningkat beberapa kali lipat.

“Kalau tidak sedang banjir, paling sehari dapat Rp50 ribu. Tapi kalau sedang banjir begink, bisa dapat Rp200 ribu sampai Rp300 ribu,”tutur Fery, Jumat (15/4).

Selain cukup banyak orang yang menggunakan delman, melipatnya penghasilan para kusir juga karena ongkos juga menjadi naik.

Saat normal, tarif delman dari Pasar Baleendah ke Masjid Agung Dayeuhkolot hanya Rp2.000 perorang. Tapi saat banjir, tarifnya naik menjadi Rp5.000 per orang, setiap kali narik, delman membawa 5 sampai enam orang penumpang.

“Ramenya pagi-pagi dan sore, soalnya banyak anak sekolah dan pegawai,”ujarnya.

Nurjaman (32) kusir lainnya mengatakan, tarif Rp5.000 saat banjir bukan karena memanfaatkan kondisi, melainkan resiko juga tinggi.

Dipaparkannya, terendam banjir, jalan menjadi tidak terlihat, padahal jalur Baleendah-Dayeuhkolot terdapat banyak lubang. Dengan kondisi seperti itu, kuda bisa saja terpeleset dan mengakibatkan cedera.

“Beban kuda juga jadi lebih berat ketika membawa penumpang di banjir,”ujarnya.

Tidak hanya itu, kuda juga menjadi cepat lelah karena sering berada di dalam air, bahkan jika tidak dirawat, kuda bisa mengalami kedingingan.

Untuk mencegah kedinginan, kata Nujaman, setiap hari kuda harus dimandikan dengan menggunakan air hangat.

“Kalau tidak dimandikan air hangat, bisa kedinginan dan sakit,”ujarnya. (Mld)

loading...

Feeds

walikota bandung

Dirjen Otda Minta Oded Lantik Sekda Terpilih

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–‎Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Soni Sumarsono membenarkan, pihaknya telah membalas surat dari Wali Kota Bandung terkait …

Sepakat, PKL Libur Sehari Seminggu

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana sepakat pedagang kaki lima (PKL)  harus libur sehari dalam satu mingu. “Jadi hari ini …