Tiga Kecamatan di Bandung Selatan Masih Terendam Banjir

Dayeuh Kolot tergenang banjir, Kamis (14/4)_Khairizal Maris

Dayeuh Kolot tergenang banjir, Kamis (14/4)_Khairizal Maris

POJOKBANDUNG.com, BOJONGSOANG– Dalam beberapa hari terakhir, banjir mengenang Bandung selatan. Guna mengurangi dampak lebih parah, Pemerintah Kabupaten Bandung dan kota Bandung melakukan operasi Bersih (Opsih) sampah di Kampung Cijagra.


“Walaupun belum ada MoU, tapi kami terus bekerjasama melakukan pengangkutan sampah di Cijagra,” tutur Kepala dinas Perumahan Penataan ruang dan Kebersihan kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi, Kamis (14/4).

Wilayah selatan Kabupaten Bandung, seperti Kecamatan baleendah, Bojogsoang dan Dayeugkolot sedang tergenang banjir.

Sampah juga menunpuk terbawa air diantaranya Sungai Cikapundung Kota bandung, oleh sebab itu pemerintah Kabupaten Bandug melalui dinas Perumahan penataan ruang dan Kebersihan bekerjasama dengan PD kebersihan Kota Bandung melakukan pengangkutan sampah di Kampung Cijagra Bojongsoang dan jembatan Citepus Dayeuhkolot.

Di wilayah kota Bandung kata Erwin, hal yang sama dilakukan di Jalan Baturengat, RT 1 RW 1, Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon.

“Dengan adanya kerjasama teknis ini, diharapkan tidak ada lagi saling tuding mengenai siapa yang membuang sampah sembarangan. Lalu nantinya juga akan disosialiasikan secara menyeluruh antara Pemkot Bandung, Pemkab Bandung, Pemprov Jabar dan Kodam III Siliwangi,” ujarnya.

Lebih lanjut Erwin mengatakan, opsih bersama akan dilakukab secara continue dan rutin. Setiap pekan pengangkutan sampah bersama akan dilakukan sebanyak dua kali.

Disinggung mengenai MoU antara Pemkot Bandung dan Pemkab Bandung, Erwin mengaku hal itu masih dalam pembahasan antar instansi. Khusus di Dispertasih, Erwin menjelaskan, terdapat empat usulan yang akan dibahas bersama dengan PD Kebersihan Kota Bandung. Untuk usulan pertama, dilakukan opsih bersama dengan jadwal yang rutin di perbatasan terutama di aliran anak Sungai Citarum.

“Usulan kedua dilakukan pemasaran jaring sampah pada tempat yang disepakati di perbatasan dengan dilengkapi Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS) bersama. Untuk TPS bersama ini, kami sedang mencari lahannya,”ujarnya.

Sedangkan usulan terakhir adalah program jangka panjang bersama dalam penanganan sampah. Menurut Erwin hal in iterkait dengan pemanfaatan lahan ex TPA Jelekong yang berada di Desa Jelekong, Kecamatan Baleendah, milik Pemkot Bandung. Ke depan, ex TPA Jelekong akan digunakan sebagai tempah pengolahan sampah dengan menggunakan teknologi Biodigester.

Sementara itu, banjir menggenangi ribuan rumah di Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang. Sebagian besar warga kembali menempati pengungsian yang tersebar dibeberapa titik di tiga kecamatan itu. Seperti di GOR Kelurahan Baleendah, GOR Inkanas, Gedung Warakawuri dan beberapa tempat lainnya. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds