Sprindik Baru, Kejati Jatim Kembali Tetapkan La Nyalla Tersangka

La Nyalla Matalitti

La Nyalla Matalitti

POJOKBANDUNG. com, SURABAYA–La Nyalla Mattalitti ternyata tidak bisa bernafas lega berlama-lama, sebab baru saja gugatan praperadilannya dikabulkan, Ketua Kadin Jawa Timur yang juga Ketua Umum PSSI itu kembali ditetapkan sebagai tersangka.


Kepala Seksi Penyidikan Pidana Khusus Kejati Jatim Dandeni Herdiana mengatakan, alat bukti yang dipakai untuk menetapkan Ketua Umum PSSI itu sebagai tersangka hampir sama dengan penetapan tersangka sebelumnya. “Hanya formalitasnya yang diperbaharui, alat bukti tetap sama,” kata Dandeni.

Kejati Jatim mengeluarkan surat perintah penyidikan (sprindik) baru untuk La Nyalla Mattalitti. Sama seperti sebelumnya, keluarnya sprindik bersamaan dengan keluarnya surat penetapan tersangka untuk La Nyalla.

Sprindik baru itu dikeluarkan pada tanggal 12 April kemarin. Kajati Jatim Maruli Hutagalung menandatanganinya tiga jam setelah hakim Pengadilan Negeri Surabaya membacakan hasil putusan praperadilan.

Sprindik baru itu bernomor Print-397/O.5/Fd.1/04/2016 tertanggal 12 April 2016, sedangkan penetapan tersangka La Nyalla Mattalitti berdasarkan surat Kep-31/O.5/Fd.1/04/2016 tertanggal 12 April 2016.

Menurut Dandeni, pihaknya sudah menjalankan putusan praperadilan dengan mencabut status tersangka La Nyalla, mencabut surat cekal, DPO, maupun mencabut blokir paspor. “Tetapi, karena statusnya tersangka lagi, ya kita kirim lagi cekalnya,” ujarnya.

La Nyalla ditetapkan tersangka sebelumnya pada 16 Maret lalu atas kasus dugaan penyelewengan sebagian dana hibah Kadin Jatim senilai Rp 5,3 miliar untuk membeli saham publik perdana di Bank Jatim pada 2012. Namun, status itu sudah dicabut oleh Pengadilan Negeri Surabaya melalui gugatan praperadilan.(fat/ps)

 

Loading...

loading...

Feeds