Soal Setoran Kader, Golkar Jabar Tolak Syarat Rp 20 Miliar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Partai Golongan Karya Jawa Barat menolak usulan syarat setoran Rp 20 miliar bagi kader yang ingin maju menjadi calon ketua umum. Hal ini dianggap keliru karena akan merendahkan integritas partai tersebut


Sekretaris Dewan Pertimbangan DPD Golkar Jabar Ali Hasan menegaskan, pihaknya menolak usulan tersebut. “Itu usulan yang aneh,” kata Ali usai menghadiri Musrenbang Jabar 2017, di Bandung, Kamis (14/4).

Ali mengatakan, usulan tersebut hanya akan menimbulkan permasalahan baru. Calon ketua umum yang maju akan terpacu untuk melakukan korupsi agar memenuhi syarat tersebut.

“Itu bisa memicu korupsi. Dari mana uangnya? Nanti dipertanyakan KPK uang dari mana itu. Belum juga daftar sudah ditangkap,” kata Ali yang juga anggota DPRD Jabar ini.

Ali menilai, syarat untuk calon ketua umum tersebut terlalu mengada-ada. “Persyaratan itu terlalu dibuat-buat. Itu enggak masuk akal. Sejak saya masuk Golkar, tidak pernah ada pemilihan ketua umum harus nyimpan uang segala macam,” katanya.

Menurutnya, untuk menjadi ketua umum, kader harus memiliki pengabdian yang tinggi baik ke partai maupun masyarakat. Sehingga, syarat pemberian uang tersebut tidak substansi.

“Di Golkar itu pengabdian, ingin membesarkan partai. Masa persyaratannya harus bayar Rp 20 miliar,” katanya.

Lebih lanjut Ali katakan, jika syarat ini diteruskan, hal tersebut bisa berdampak terhadap pemilihan ketua DPD tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. “Nanti yang di bawah pun ikut-ikutan,” kata Ali seraya mengajak kader Golkar Jabar yang memiliki hak suara untuk menolak syarat tersebut.

Disinggung potensi politik uang dalam pemilihan tersebut, Ali tidak banyak berkomentar. Dia berkilah selama menjadi kader, belum pernah memiliki suara dalam ajang tersebut.

“Saya enggak tahu kondisinya. Saya belum pernah memiliki hak suara,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …