148 Siswa SMA di KBB Bersaing Raih Beasiswa dari ITB

Seleksi siswa SMA di KBB untuk raih bea siswa ITB. (habibie)

Seleksi siswa SMA di KBB untuk raih bea siswa ITB. (habibie)

 


POJOKBANDUNG.com, PADALARANG–Sejumlah siswa unggulan dari berbagai SMA dan MA di Kabupaten Bandung Barat melakukan ujian seleksi guna mendapatkan beasiswa dari ITB di SMKN 4 Padalarang, Kamis (14/4/2016). Sebelum mengikuti SBMPTN, sebanyak 35 siswa yang lolos tersebut nanti akan mengikuti program Learning Camp selama tiga hari yang diselenggarakan oleh Ikatan Alumni (IA) ITB.

Program learning camp tersebut merupakan program Ikatan Alumni (IA) ITB pusat bersama Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) KBB dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta memaksimalkan program beasiswa pendidikan Pemerintah Pusat Bidik Misi.

Menurut Abdullah Syuaib bagian Compartment/Bidang Pendidikan IA ITB, kerja sama yang dilakukan bersama Disdikpora KBB tersebut, merupakan pilot projek program IA ITB terhadap sosial pendidikan dengan memanfaatkan Program Pemerintah Pusat Bidik misi.

“Bagaimana keberadaan kita sebagai alumni ITB dapat dirasakan oleh masyarakat melalui sosial pendidikan, dengan bekerja sama dengan Pemkab Bandung Barat, kita akan mengasah anak-anak ini agar mampu bersaing dalam SBMPTN tahun 2016 ini,” tutur Abdullah saat ditemui di SMKN 4 Padalarang, Kamis (14/4).

Abdullah mengatakan, 35 orang yang lulus mengikuti seleksi nantinya akan mendapatkan pelatihan Learning camp persiapan sebelum mengikuti SBMPTN, yang 20 diantaranya dibiayai oleh IA ITB, sedangkan 15 orang lainnya dibiayai oleh Pemkab Bandung Barat.

“Kita akan menjaring 35 siswa terbaik untuk mengikuti learning camp atau pelatihan sebelum mengikuti SBMPTN selama tiga hari, mereka akan diberikan soal-soal yang biasa keluar di seleksi ujian SBMPTN,” ungkapnya.

Setelah mengikuti learning camp, Abullah mengatakan, 20 dari 35 siswa yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi tersebut, nanti akan mendapatkan Program Beasiswa Pemerintah Pusat bidik misi apabila berhasil lolos dalam SBMPTN 2016. Total anggaran untuk Pendidikan dari pemerintah pusat sendiri mencapai Rp 1,7 triliun pertahun.

“Setiap tahun Menteri Pendidikan punya program bidik misi, yang hingga saat ini belum 100 persen terserap maksimal, karena itu kami melakukan pelatihan untuk memastikan sejumlah siswa dapat lolos SBMPTN dan mendapatakan beasiswa bidik misi, karena anak-anak tidak mampu ini khawatir tidak mampu bersaing,” ujarnya.

Selain itu menurutnya, kriteria yang diperlukan untuk mendapatkan beasiswa bidik misi ialah dengan lolos seleksi SBMPTN dan berasal dari keluarga yang tidak mampu. Sedangkan untuk siswa yang mampu serta lolos dalam seleksi sekarang, juga dapat mengikuti pelatihan learning camp dengan potongan biaya.

“Pelaksanaan seleksi dilakukan selama satu hari, dengan tes tertulis sebanyak 120 soal pilihan ganda, waktu yang disediakan selama 2,5 jam, soal yang diberikan adalah enam mata pelajaran yang sering keluar SBMPTN, apabila lolos, nanti akan melalui wawancara serta seleksi administrasi,” ungkapnya.

Sementara itu ditempat yang sama Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) KBB Hasanudin menuturkan, sebanyak 248 peserta didik dari 20 SMA dan MA negeri maupun swasta yang mengukuti seleksi tersrbut. Sebelumnya Kabupaten Bandung Barat hanya mendapatakan kuota beasiswa 15 orang, dengan bantuan IA ITB bertambah 20 menjadi 35 orang.

“Saya meminta kepada setiap sekolah untuk mengirimkan siswa terbaik untuk mengikui seleksi guna mendapatakan beasiswa bagi yang tidak mampu dari Pemkab Bandung Barat,” ujarnya.

Menurut Hasanudin, Melalui SBMPTN minimal sebanyak 75 siswa asal KBB mendapatakan beasiswa di PTN, Belum yang melalui jalur undangan SNMPTN.

“Untuk nilainya antara siswa itu Rp 60-100 juta, itu sampai lulus, sudah dengan biaya hidupnya selama empat tahun,” ujarnya.

Hasanudin mengharapakan, bahwa kedepannya pilot projek tersebut dapat berhasil serta terserap 100 persen oleh siswa berprestasi asal KBB serta meningkatnya kualitas pendidikan, juga bertambahnya kuota beasiswa di KBB (bie)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …