Relokasi PKL Kota Bandung, Dewan Anggap Tidak Manusiawi

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Pemindahan (relokasi) para pedagang kaki lima (PKL) oleh Pemkot Bandung menuai sorotan anggota dewan. Kali ini, Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung, Ahmad Nugraha menilai tempat relokasi yang dipilih Pemkot Bandung untuk PKL, tidak manusiawi.


“Pemkot Bandung tidak memikirkan bagaimana nasib para PKL ke depan. Tidak dipikirkan apakah setelah dipindahkan dagangan para PKL akan laku atau tidak,” ujar Ahmad kepada wartawan, Rabu (13/4).

Menurut Ahmad, seharusnya, Pemkot Bandung mempertimbangkan bgaimana nasib para PKL. Termasuk kenyamanan dan kesehatan mereka.

“Perhatikan sirkulasi udara tempat mereka berjualan, apakah pengap atau bau. Jangan sampai merusak kesehatan,” jelas Ahmad.

Ahmad mengingatkan, jangan sampai relokasi ini menimbulkan masalah baru di Kota Bandung, seperti pengangguran, kemiskinan baru, yang efeknya pada tindak kriminalitas.

“Kalau warga ber-KTP Bandung, dibiarkan dan tidak mendapat penanganan, ujung-ujungnya akan menjadi beban Kota Bandung sendiri,” tambahnya.

Sebab itu, Ahmad mengatakan, ke depan, jika Pemkot Bandung akan merelokasi PKL, harus mengkaji lokasinya. Kalau mau mencontoh, belajar ke Kota Surakarta, di mana para PKL diajak bicara dicarikan solusi bersama.

“Tanya kepada PKL, kira-kira mereka ingin dipindahkan ke mana. Di mana lokasi yang paling representatif,” terangnya.

Mengingat lokasi yang sekarang menurut Ahmad, sangat tidak strategis, seperti misalnya di basement BIP.

“Untuk para pembeli dengan segmen PKL, tentu yang datang ke mall mind set-nya tidak untuk belanja di PKL, jadi ya tidak akan belanja di lapak PKL,” paparnya.

Belum lagi, sirkulasi udara dan kurangnya cahaya. Itu akan membut suasana berjualan lebih tidak nyaman.

“Harusnya disiapkan tempat misalnya pasar yang lebih strategis,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Pemkot Bandung baru-baru ini telah merelokasi PKL Jalan Merdeka ke Basement BIP, dan PKL Jalan Purnawarman ke Parkiran BEC, dan sekarang yang tengah diproses adalah PKL Jalan Dalem Kaum ke MD Plaza. Namun, hingga sekarang para PKL mengeluhkan banyak janji-janji Pemkot Bandung yang belum dipenuhi. (mur)‎

Loading...

loading...

Feeds