Juni 2016, Jumlah Penduduk Berstatus Ekonomi Rendah Meningkat

Menteri Sosial Khofifa

Menteri Sosial Khofifa

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Sosial RI dalam rapat koordinasi program pemberdayaan sosial membeberkan, Juni 2016, Indonesia  akan mengalami peningkatan jumlah penduduk berstatus ekonomi rendah.


Kemensos RI menyiapkan 1.028 relawan desa untuk membantu program mensos dalam validasi dan verifikasi data untuk bisa diakses secara online. Sehingga tidak ada lagi desa yang mengeluh tidak terdata.

Juni 2016 akan menjadi 6 juta keluarga (11 persen) dengan status sosial ekonomi terendah. Hal tersebut merupaka new inisiatif BKH yang tak hanya menyasar basis keluarga tapi juga menyasar basis lansia kurang mampu usia di atas 70 tahun. Tahun lalu lansia baru di support Rp 200 ribu tiap bulan dengan jumlah 29.000 orang. Tahun ini, mulai Juni 2016 menjadi 125.000.

“Untuk disabilitas berat tiap bulan mereka dapat Rp 300 ribu per bulan, tahun kemarin baru menyasar 22.000 orang. Tetapi, Juni ini menjadi 163.000 orang,” ujar Menteri Sosial RI, Khofifah Indra Parawangsa, kepada wartawan di Hotel Savoy Homman, Bandung, Rabu (13/4).

Menyingung kesiapan Dinsos yang ada di daerah untuk membantu program kemensos, Khofifah mengungkapkan, bukan belum siap tetapi Dinsos banyak melalukan fungsi lain, karena strukturnya yang tidak support.

“Menurut hemat saya pemerintah pusat memberikan berbagai bantuan dan program subsidi pangangan melalu rasraf (yang dulunya raskin) senilai Rp 21,8 triliun PKH. Seperti bantuan untuk rutilahu dinsosnya karena gak support, jadi tidak tertangani semua. Lalu, pecandu narkoba direhabilitasi juga di bawah tanggung jawab Dinsos dan masih banyak yang tidak ditangani karena tenaganya yang tidak memadai,” ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, masyarakat di Indonesia harus benar-benar memahami tupoksi dari dinsos itu apa. Sehingga bisa sama-sama bersinergi untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik kedepannya.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …