Jokowi Safari ke Eropa, Temui 3 Sosok Pimpinan Uni Eropa

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Pemerintah mengumumkan agenda safari Presiden RI Jokowi ke Eropa. Kunjungan yang akan dilakukan ke empat negara pada periode 18-22 April tersebut bakal difokuskan untuk menguatkan kerjasama ekonomi.


Hal tersebut pun dibuktikan dengan rencana untuk mengajak delegasi swasta untuk menciptakan beberapa perjanjian dagang.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan Jokowi untuk memenuhi undangan dari negara-negara sahabat di wilayah Eropa. Negara yang akan dikunjungi antara lain adalah Inggris, Jerman, Belgia, dan Belanda. Dalam hal ini pemerintah memang menekankan isu ekonomi.

“Tujuan kami adalah untuk memperkuat kerjasama dengan mitra tradisional strategis Indonesia. Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara pertama yang menjalin perjanjian kerjasama komprehensif (PCA) dengan Uni Eropa. Karena itu, wajar jika fondasi kuat ini ditindaklanjuti dengan kerjasama konkrit,” terangnya.

Dia menjelaskan, Uni Eropa merupakan wilayah yang menjadi mitra perdagangan terbesar kedua bagi Indonesia. Nilai perdagangan antar dua negara ini mencapai USD 26,14 miliar (Rp 343 juta) pada 2015 lalu. Selain itu, Uni Eropa juga menjadi investor terbesar ketiga dengan nilai 2,26 miliar  (Rp 29,6 triliun) tahun lalu.

“Dalam kunjungan itu, Presiden akan melakukan interaksi dengan kalangan bisnis negara tujuan.  Dia juga akan ditemani oleh delegasi bisnis dari pengusaha swasta Indonesia. Kami bahkan sudah melakukan perancangan kesepakatan perdagangan. Hanya saja, kami belum bisa memberitahukan nilainya karena masih dalam proses penyusunan,’’ ungkapnya.

Selain bertemu secara bilateral dengan empat negara, pihaknya juga bakal bertemu dengan tiga sosok pimpinan Uni Eropa. Yakni Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker, Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk, dan Presiden Parlemen Uni Eropa Martin Schulz.(bil/jpg)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …