ISIS Hancurkan Simbol Gerbang Tuhan

patung_syria

patung_syria

POJOKBANDUNG.com, MOSUL – Kelompok militan ISIS kembali menjadi sorotan. Mereka dilaporkan telah menghancurkan salah satu ikon arkeologi di Mosul, Irak bernama Gate of God (Eia).


Peninggalan bersejarah berupa gerbang ini merupakan salah satu monumen mengenang kejayaan kerajaan Asyur, saat diperintah Raja Sanherib (Sennacherib), 700 SM.

Dirangkum dari berbagai sumber seperti AINA dan juga Ara News, ISIS menghancurkannya dengan ‘sadis’.

“Mereka menggunakan peralatan militer,” ujar salah seorang aktivis di Mosul, Zuheir Mousily, Selasa (12/4).

Sejak kontrol Kota Mosul di tangan ISIS, sejumlah situs bersejarah di Irak hancur. Itu termasuk Assyrian city of Nimrud, Winged Bulls, dan juga Mosul National Museum.

Sementara seorang ahli dari Iraqi Antiquities Affairs, Yasser Hatami mengutuk keras ISIS karena penghancuran gerbang bersejarah itu. “Namun ini juga tak lepas dari kesalahan pemerintah Irak yang tidak mampu melindungi gerbang,” sesalnya. (adk/jpnn)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …