Baunya… Sampah Perbatasan Kota-Kabupaten Bandung Capai 100 Ton

banjir sampah

banjir sampah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Permasalahan sampah perbatasan di Kota Bandung dengan daerah sekitarnya masih menjadi benang kusut. Salah satunya, gunungan sampah di Jalan Baturengat, RT 1 RW 1, Kelurahan Cigondewah Kaler Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung.


“Kami mendapat laporan ada gundukan sampah setinggi 5 meter panjang 40 meter, dengan asumsi sekitar 100 ton,” ujar Direktur Utama (Dirut) PD Kebersihan Kota Bandung, Deni Nurdiana, kepada wartawan, Selasa (12/4).

Menurut Deni, posisi sampah tersebut berada di perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Sebab itu, setelah mendapat kabar ini, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Bandung untuk melakukan pengangkutan.

“Hasilnya, kami sudah mengangkut sekitar 85 persen sampah dengan menggunakan sekitar 18 truk sampah. 16 truk sampah Kota Bandung dan dua truk sampah Kabupaten Bandung,” papar Deni‎.

Deni menerangkan, untuk melakukan pengangkutan sampah di kawasan tersebut, pihaknya harus menggunakan alat berat. Padahal, untuk sampai ke lokasi, aksesnya tidak mudah.

“Selain jalannya kecil, ada satu bangunan gudang yang menghalangi. Sehingga gudang tersebut terpaksa kami bongkar, terlebih itu memang bangunan liar,” jelas Deni.

Deni menegaskan, pihaknya tidak bermaksud membiarkan sampah tersebut menumpuk di lokasi. Tapi karena lokasi tersebut bukan merupakan Tempat Penampungan Sementara (TPS), sehinga bukan menjadi kewenangannya untuk mengangkut.

“Menurut Perda, tugas PD Kebersihan adalah mengangkut sampah dari TPS ke TPA. Jadi untuk sampah yang tidak di TPS resminya bukan tanggung jawab kami,” beber Deni.

Namun, ketika isunya sudah lintas sektoral, Deni mengatakan, pihaknya tidak bisa angkat tangan begitu saja.

“Kita kan tidak bisa saling menyalahkan dengan Pemkab Bandung, jadi ya kita selesaikan saja,” katanya.

Untuk menanggulangi masalah sampah ini, lanjut Deni, pihaknya harus meminta izin kepada Jasa Marga, agar lokasi tersebut dibuat TPS.

“Karena memang lahan tersebut merupakan lahan Jasa Marga, jadi kita harus minta izin sama mereka,” tegasnya. (mur)‎

Loading...

loading...

Feeds

Cara Memperbarui Whatsapp GB

POJOKBANDUNG.com–DENGAN menggunakan whatsapp GB tentu akan mendapatkan banyak fitur yang tidak di miliki whatsapp resmi. Pengguna dapat menginstalnya melalui berbagai …

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …