ATVSI Gelar Roadshow Edukasi di SDN Sukapura Cibiru Kota Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) menggelar Roadshow “ATVSI Peduli” yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti memberikan edukasi dan sosialiasi tentang literasi media kepada sekitar 750 siswa di SDN Sukapura Cibiru Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa.


“Melalui kegiatan ini kita ingin memberikan semacam pengetahuan kepada murid-murid SD tentang bagaimana cara menonton televisi yang benar, mereka juga harus memilih program televisi mana yang pantas untuk ditonton,” kata Ketua Komisi Pendidikan dan Pelatihan Pengurus Pusat ATVSI Achmad Hadiansyah Lubis disela-sela kegiatan.

Ia menuturkan pada edukasi literasi media kepada siswa SD tersebut pihaknya juga menyisipkan berbagai kegiatan yang melibatkan siswa secara interaktif dan menyenangkan seperti storytelling, lomba mewarnai dan penampilan musik dan tari.

“Jadi disemua kegiatan yang digelar di SDN Sukapura ini kami sisipkan tentang edukasi literasi media kepada anak-anak. Ini dilakukan agar mereka bisa dengan mudah menyerap tentang literasi media itu sendiri,” kata dia.

Selain itu, lanjut Achmad, pada acara tersebut juga dimeriahkan dengan kehadiran ikon program dari televisi swasta anggota ATVSI yakni Marsha and The Bear (ANTV), Keluarga Somat (Indosiar), Mr Bean (ANTV), Dance Upon Kids (SCTV), Upin-Ipin (MNC), Idola Cilik (RCTI), Sponge Bob (SCTV) dan Si BOlang (Trans TV).

Pihaknya menuturkan salah satu bentuk kontrol yang dilakukan ATVSI terkait tayangan televisi laik anak adalah dengan mengeluarkan klarifikasi rating televisi seperti tayangan untuk remaja, bimbingan orang tua, dan dewasa. “Namun selain kontrol internal dari kami, peran si anak dan orang tua atau keluarga juga sangat berperan penting untuk pengawasan tonton atau tayangan televisi ini,” kata dia.

Diharapkan seteleh mengikuti kegiatan Roadshow ATVSI Peduli, kata dia, maka para siswadi SDN Sukapura Kota Bandung menjadi paham tentang tayangan yang pantas atau laik ditonton bagi mereka.

Sementara itu Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat Dedeh Fardiah menyambut baik kegiatan yang diadakan oleh ATVSI tersebut karena bisa menjadi sarana bagi anak-anak untuk memilih tayangan di televisi.

“Kami berharap ATVSI bisa senantiasi memberikan dan menghadirkan tayangan-tayangan berkualitas sesuai ratingnya agar masyarakat bisa tercerdaskan lewat tayangan televisi yang ditontonnya,” kata Dedeh.

Kegiatan Roadshow ATVSI yang digelar di Kota Bandung berlangsung selama dua hari yakni tanggal 12-13 April 2016. Pusat kegiatan tersebut akan berlangsung di Telkom University Bandung yang diisi dengan kegiatan seminar jurnalistik, pelatihan public speaking dan produksi kreatif program televisi. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …