Sepekan di Selandia Baru, Ridwan Kamil Bawa ‘oleh-oleh’ Ini

Ridwan Kamil

Ridwan Kamil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Seminggu di Selandia Baru, Walikota Bandung Ridwan Kamil pulang membawa oleh-oleh beberapa konsep baru.


“Salah satunya adalah, mempelajari sistem penanganan bencana, terutama gempa,” ujar Ridwan Kamil kepada wartawan, Senin (11/4) .

Menurut Ridwan Kamil, di Selandia Baru, ada satu ruangan khusus yang mirip dengan Comand Centre di Bandung, yang biasa digunakan saat terjadi bencana‎.

“Jadi, kalau hari-hari biasa, ruangan ini tidak dipakai,” ungkap Ridwan Kamil.

Jika terjadi bencana, lanjut Ridwan Kamil, lewat ruangan ini akan mengatur grup-grup yang berkoordinasi menanggulangi bencana. Seperti grup bantuan makanan, bantuan medis dan lain sebagainya.

“Jadi mereka sudah benar-benar siap,” jelas Ridwan Kamil.

Selain itu, Ridwan Kamil juga bekerjasama di bidang pariwisata, dengan mencontoh sistem perfilman mereka.

“Jadi pemerintah yang punya alat-alat perfileman, nanti pihak swasta hanya datang mebawa konsep,” terangnya.

Hal ini, menurut Ridwan Kamil sangat baik untuk sosialisasi. Melihat hasilnya, di Selandia Baru bisa menaikkan kedatangan wisatawan sekitar 20 persen setiap tahunnya.

“Rata-rata pengunjung ingin melihat tempat pembuatan beberapa film ternama, seperti The Hobit dan Lord of The Ring,” pungkasnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …