Gelapkan Beras Miskin (Raskin) Tiga Warga Ciparay Diringkus

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Polrestabes Bandung membongkar kasus penggelapan beras miskin (raskin) di Kota Bandung. Ada tiga tersangka dalam kasus penyelundupan beras raskin tersebut.


Informasi yang dihimpun, ketiga tersangka itu, yakni YH (39), S (53), dan AR (34). Ketiga warga Kampung Sapan, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung itu memiliki peran yang berbeda. YH dan S merupakan petugas pengangkut raskin. Sedangkan AR merupakan penadah raskin yang dijual YH dan S.

“Penggelapan ini dilakukan YH yang merupakan sopir dan S yang merupakan kernet. Mereka ditugaskan mendistribusikan raskin dari Bulog ke kantor kelurahan,” ujar KabagOps Polrestabes Bandung, AKBP M Jhoni, kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (11/4).

Dalam aksinya, lanjut Jhoni, YH dan S mengurangi volume beras dengan melubangi setiap karung yang diangkut menggunakan besi tajam. Para pelaku mencuri raskin yang tercecer di bak truk pada saat pengangkutan dari gudang ke kantor kelurahan.

“Jadi setiap beras yang seharusnya beratnya 50 kilogram berkurang menjadi sekitar 47 kilogram. Sehingga setiap karung beras berkurang 3 kilogram,” ucap Jhoni.

Jhoni mengatakan, YH da S ditangkap di Kantor Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Cinambo, Kota Bandung pada Kamis (24/3). Adapun AR ditangkap setelah dilakukan pengembangan. Kini ketiganya ditahan di Mapolrestabes Bandung untuk proses penyidikan.

“Ketiganya dijerat pasal 362 jo 372 KUHPidana yang ancaman hukumannya penjara di atas lima tahun,” pungkasnya.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …