Duh.. 90 Km Jalan di Kabupaten Bandung Diambil Alih Pusat

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, SOREANG– Beberapa ruas jalan di Kabupaten Bandung diambil alih oleh pemerintah pusat, melalui Kementerian Pekerjaan umum dan perumahan rakyat.


Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Bandung, Firman B Soemantri mengatakan, setidaknya ada 90 kilometer jalan di Kabupaten Bandung yang pengelolaannya diambil alih oleh pemerintah pusat.

Beberapa ruas jalan yang diambil alih oleh pemerintah pusat tersebut diantaranya, Jalan raya Batujajar-Soreang yang menghubungkan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung.

Selanjutnya adalah Jalan raya Soreang-Ciwidey-Cidaun yang menghubungkan Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Bandung, dan Jalan raya Bhayangkara di Kecamatan Soreang.

“Sebelumnya, jalan tersebut pengelolaannya ada di pemerintah Provinsi Jawa Barat,” tutur Firman, Senin (11/4).

Perubahan pengelolaan jalan tersebut, dimulai dari 2016 ini. Dengan demikian, beban pemerintah Provinsi Jawa Barat telah berkurang.

Pasalnya, dengan peningkatan status, bukan hanya perbaikan jalan saja yang menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, melainkan pembangunan drainase dan penerangan jalan umum juga akan didanai oleh APBN.

“Kami berharap agar jalan yang telah ditigkatkan menjadi jalan nasional tersebut segera dibangun,”ujarnya.

Pembangunan yang diharapkan, meliputi pemasangan PJU juga pelebaran jalan. Terutama jalur Soreang-Ciwidey yang merupakan jalur menuju lokasi wisata.

Sehingga, ketika tol soroja selesai dibangun, maka aksebilitas akan lebih lancar.

Selain itu, DPRD Kabupaten Bandung, katanya, mendesak Dinas Bina Marga Kabupaten Bandung untuk mengajukan penaikan status jalan kabupaten kepada Pemerintah Provinsi Jabar. Dengan demikian, setiap kecamatan dan desa bisa mengajukan kenaikan status jalannya menjadi jalan kabupaten.

“Pengambilalihan ini harus segera ditindaklanjuti dengan penaikan status jalan desa dan kabupaten. Dengan demikian, jalan mantap di Kabupaten Bandung akan semakin banyak. Pemprov Jabar pun diminta kembali fokus memperbaiki jalan dan drainase provinsi yang rusak, seperti jalur Dayeuhkolot-Banjaran dan Baleendah-Majalaya,” katanya.

Firman mengatakan jalan yang dapat dinaikkan statusnya menjadi jalan provinsi, di antaranya Ciparay-Kertasari-Pangalengan. Tidak menutup kemungkinan, penaikan status pun dilakukan terhadap rute Ibun-Samarang yang menghubungkan antara Kabupaten Bandung dengan Garut. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds