Dispora Kab Bandung Inginkan Jaringan Air Siap Minum di Jalak Harupat

Dua layar lebar hiasi Stadion si Jalak Harupat. (ferry)

Dua layar lebar hiasi Stadion si Jalak Harupat. (ferry)

POJOKBANDUNG.com, KUTAWARINGIN– Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Bandung, menginginkan supaya jaringan air siap minum di Stadion si Jalak Harupat bisa beroperasi dengan maksimal dan diperluas.


“Air siap minum di Jalak itu dikelola oleh PDAM, bantuan dari Korea tahun lalu,” tutur Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Bandung, Achmad Djohara, Senin (11/4).

Pada tahun lalu, pemerintah Kabupaten Bandung menerima hibah dari kementerian lingkungan hidup Korea selatan berupa mesin penjernih air.

Mesih tersebut ditempatkan di penampungan air milik PDAM Tirtaraharja yang berlokasi di stadion si Jalak Harupat.

Air yang diolah di mesin tersebut berasal dari Sungai Ciwidey yang sebelumnya telah diolah di instalasi PDAM.

Setelah diolah menggunakan mesin teknologi terbaru tersebut, air akan lebih jernih dan bisa langsung dikonsumsi, bahkan berkualitas cukup baik karena diproses melalui tiga kali menyaringan.

Penyaringan pertama dilakukan dengan sembilan lapisan yang dilanjutkan dengan penyaringan di mesin berikutnya. Penyaringan air berakhir di UV filter untuk menghilangkan kadar kekeruhan air dan menormalkan kadar asam (PH).

Setelah melalui proses penyaringan tersebut, air memiliki kadar PH 6,9 dan tingkat kekeruhan 0,05, sehingga sangat layak untuk diminum. Dengan demikian, air tersebut bisa langsung diminum tanpa harus dimasak terlebih dulu.

“Ada dua atau tiga titik yang dipasang, baik di dalam stadion maupun di luar,” ujar Achmad.

Namun, saat ini kondisi instalasi air bersih di stadion si Jalak Harupat tidak berjalan optimal. Kran yang terpasang, kerap kali tidak menyala.

Oleh karena itu, Achmad berharap agar pihak PDAM bisa memperlancar saluran air siap minum di si Jalak Harupat, bahkan kalau memungkinkan jaringannya diperluas ke beberapa venue cabor lain di komplek olah raga si jalak harupat.

“Supaya nanti saat PON bisa digunakan untuk kebutuhan atlet, oficial dan masyatakat yang menonton pertandingan,” katanya. (Mld)

Loading...

loading...

Feeds

Cara Memperbarui Whatsapp GB

POJOKBANDUNG.com–DENGAN menggunakan whatsapp GB tentu akan mendapatkan banyak fitur yang tidak di miliki whatsapp resmi. Pengguna dapat menginstalnya melalui berbagai …