O2SN Cikal Bakal Lahirnya Atlet Handal dan Profesional

Menpora Imam Nahrawi

Menpora Imam Nahrawi

 


POJOKBANDUNG.com, JAKARTA–Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) akan diperhatikan pemerintah sebagai cikal-bakal lahirnya atlet handal dan profesional serta bisa menjadi tulang punggung tim nasional. Menpora Imam Nahrawi menegaskan hal itu saat membuka secara resmi O2SN 2016 tingkat SD/MI se-Kota Malang di Sekolah Dasar (SD) Anak Saleh di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu (9/4) siang.

O2SN ini diselenggarakan sekaligus dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Malang ke-102. Selain membuka olimpiade olahraga antar pelajar tersebut, Menpora juga meresmikan sarana olahraga “Jismun Salim”, berupa lapangan olahraga bola voli dan bola basket di SD Anak Saleh Kota Malang. Menpora menandatangani prasasti peresmian dan melakukan service pertama dimulainya perlombaan bola voli. Pada kesempatan ini, Cak Imam juga meresmikan Kantin Sehat “Al-Mubarok” di lingkungan sekolah.

Menpora merasa bangga SD Anak Saleh memberikan ruang kepada anak-anak yang sedang membutuhkan talenta khusus. “Saya berharap siswa yang diseleksi Kota Malang akan diseleksi tingkat Jawa Timur dan menjadi juara tingkat nasional. Anak-anak teruslah berlatih. Latihan yang bagus, motivasi orang tua, dan semangat guru dan pembina akan menjadikan ilmu tidak pernah sia-sia serta bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Menteri asal Madura ini.

Cak Imam, sapaan akrab Menpora, mengatakan latihan sejak kecil akan membentuk sikap dan karakter kuat. “Ke depan masyarakat Indonesia akan semakin hebat oleh kehadiran anak-anak semua. Ke depan kita harus punya sekolah olahraga sejak usia TK, bahkan PAUD. Pelajarannya bukan hanya pengetahuan umum, tapi ada pengkhususan,” tandasnya.

Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji menyatakan bahwa O2SN adalah salah satu program pemberdayaan siswa yang diperhatikan oleh Pemkot. “O2SN ini mengoptimalkan semaksimal mungkin potensi siswa. Potensi itu tidak terbatas pada intelegensi, tapi juga pada minat, bakat, dan kreativitas. Insyaallah anak-anak akan menjadi tunas bangsa yang dibanggakan. Saya berdoa Menpora tetap diberikan sehat-walafiat,” ujar Sutiaji.

O2SN Kota Malang ini mempertandingan sejumlah cabang olahraga. Antara lain bola basket, bola voli, tenis meja, bulutangkis, lomba sholat berjamaah, hapalan Alquran, cerdas cermat, dan lainnya. Selain Hadir Wakil Walikota Malang, tutur hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah, Kadispora Kota Malang Sugiarto, dan Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Mujia Rahardjo. (zid)

Loading...

loading...

Feeds