BBWS Citarum Siapkan Rp 40,1 Miliar untuk Atasi Banjir Cimahi

Sebuah rumah di Kota Cimahi terendam banjir. Foto: Ilustrasi/Bahi Binyatillah

Sebuah rumah di Kota Cimahi terendam banjir. Foto: Ilustrasi/Bahi Binyatillah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Anggaran penanganan banjir di wilayah Cimahi yang juga berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kota Bandung mencapai Rp40,1 miliar.


Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan anggaran tersebut seluruhnya akan digelontorkan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum pada APBN 2017. “Anggaran seluruhnya dari BBWS,” katanya.

Anggaran Rp40,1 miliar itu rencananya diantaranya untuk rehabilitasi Sungai Cilember dan Cibeureum masing-masing Rp 15 miliar, lalu penyediaan sumber air baku dan kolam retensi sebesar Rp5 miliar yang seluruhnya dipenuhi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam hal ini DIrjen PSDA.

Namun, Pemkot Cimahi pun tetap diminta mengalokasikan anggaran untuk sosialisasi dan pendampingan masyarakat di sepanjang lokasi banjir. Cimahi sendiri bertanggung jawab mengalokasikan anggaran di APBD Perubahan 2016.

“Cimahi harus membantu agar daerah di sempadan sungai tidak dilakukan pembangunan oleh perumahan,” jelasnya.

Menurutnya, peran Cimahi juga penting, karena BBWS Citarum sudah menanggarkan Rp2,1 miliar di 2016 untuk operasi pemeliharaan dan normalisasi Sungai Cilember dan Cibeureum dengan anggaran masing-masing Rp750 juta.

“Luapan banjir di DAS Cilember terjadi ke wilayah Kabupaten Bandung, Kota Bandung dan paling parah Cimahi,” pungkasnya. (agp)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …