Tak Cukup Punya Akta Kelahiran, Anak Harus Punya Ini….

anak-anak

anak-anak

POJOKBANDUNG.com. BANDUNG–Ini kabar baru bagi warga Kota Bandung yang sudah memiliki anak. Soalnya, selain punya akta kelahiran, anak di Kota Bandung harus punya Kartu Identitas Anak (KIA).


“Jadi yang punya KIA adalah anak 0 bulan-18 tahun,” ujar Kasi Penyuluhan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung, Wuryani, kepada wartawan, Kamis (7/4).

Wuryani mengatakan, KIA ini merupakan program pemerintah pusat yang baru dilaunching. Sebagai pilot projectnya, adalah 50 kabupaten/kota.

“Namun sebenarnya, Kota Bandung bukan merupakan kota yang di-pilot project-kan,” terangnya.

Kendati begitu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dengan didorong DPRD menyatakan siap untuk ikut menyukseskan program ini dalam waktu dekat.

“Rencananya, Mei program ini akan dilaunching di Kota Bandung,” jelasnya.

Untuk menyukseskan program ini, lanjut Wuryani, Pemkot Bandung menganggarkan sekitar Rp1,3 miliar. Dengan alokasi ini, diharapkan bisa melayani sekitar 200-300 ribu anak yang berhak memiliki KIA.

“Sekarang, kami tengah mempersiapkan sarana dan prasaran pendukung,” jelasnya.

Dalam KAI ini, nantinya tertera, nama anak, alamat anak, nama ayah, no kartu keluarga, namun, tidak ada foto anak. Foto anak baru akan dicantumkan ketika heregistrasi KIA saat usia anak 5 tahun ke atas.

“Jadi anak akan mendapat KIA pada saat baru lahir, bersamaan dengan saat membuat akta kelahiran. Lalu saat anak berusia 5 tahun diheregistrasi pada usia 17 tahun kurang sehari,” paparnya. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …