Tekankan Kejujuran, Ayi Hambali Tinjau UN di SMA/SMK Al Falah Dago

Anggota DPD RI Ir H Ayi Hambali memberi pengarahan pada hari pertama pelaksanaan UN di SMA/SMK Al Falah Dago.

Anggota DPD RI Ir H Ayi Hambali memberi pengarahan pada hari pertama pelaksanaan UN di SMA/SMK Al Falah Dago.

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Jawa Barat Ir H Ayi Hambali melakukan kunjungan ke SMA dan SMK Al Falah Dago di Kota Bandung.

Kunjungan Ayi Hambali tersebut untuk meninjau langsung hari pertama pelaksanaan UN yang serentak digelar di seluruh Indonesia. “Kunjungan kali ini, untuk meninjau langsung pelaksanaan UN di Bandung, khususnya di SMA/SMK/MA Al Falah Dago,” ujar senator Ayi Hambali di sela-sela pelaksanaan UN di SMA/SMK/MA Al Falah Dago, Kota Bandung, Senin (4/4).

Menurut Ayi Hambali, di Jawa Barat, UN diikuti oleh sebanyak 538.404 siswa SMA, SMK, MA dan sederajat dari 6.019 sekolah yang tersebar di 27 kabupaten maupun kota. “Di SMA dan SMK Al Falah Dago sendiri, UN diikuti 256 siswa SMA dan SMK,” ungkap Ayi Hambali.

Ayi Hambali mengatakan, UN kali ini tidak menjadi syarat kelulusan seperti pada tahun 2014 dan sebelumnya. “Pelaksanaan UN berjalan lancar tanpa gangguan yang berarti, UN di SMA dan SMK Al Falah Dago masih dilaksanakan secara manual belum menggunakan sistem komputer atau UNBK,” papar Ayi Hambali.

Hal yang paling terlihat perbedaannya saat ini, lanjut Ayi Hambali, peserta UN jauh lebih tenang dan bersemangat dibanding ketika NEM masih menjadi persyaratan kelulusan.
“Saat ini NEM lebih ditujukan untuk mengukur standarisasi pendidikan, dimana Kemendiknas menetapkan angka 5,5 sebagai grade terendah,” tutur Ayi Hambali.

Menjelang dimulainya UN, guru dan peserta UN di Al Falah Dago menggelar upacara terlebih dahulu. Dalam kesempatan itu, Ayi Hambali berpesan agar para peserta menjunjung tinggi kejujuran. “Kejujuran adalah sikap yang harus dijadikan dasar pada semua kegiatan baik ketika saat siswa melaksanakan UN saat ini dan terutama ketika telah terjun ke masyarakat, dan keberhasilan akan bisa diraih dengan usaha dan kerja keras yang terus menerus serta tawakal kepada Allah, Faidza Farogta fanshob, wailaa Robbika Fargob,” pesan Ayi Hambali di hadapan ratusan peserta UN SMA/SMK Al Falah Dago. (*/nto)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …