Gempa 6,1 SR Landa Garut, BNPB Pastikan Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG, BANDUNG – Gempa bumi dengan magnitude 6,1 SR dengan pusat gempa 101 km Barat Daya Kabupaten Garut, Jawa Barat terjadi pada Rabu malam (6/4/2016) pukul 21.45 WIB. Pusat gempa terasa di Samudera Hindia pada kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.


Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, gempa cukup dangkal dan berada pada sisi dalam lempeng Eurasia sehingga dirasakan masyarakat di sekitar Selatan Jawa Barat, sebagian Banten dan Jawa Tengah.

Gempa terasa cukup kuat selama 3-4 detik di Kabupaten Garut. Masyarakat berhamburan keluar rumah. Gempa terasa kuat juga dirasakan masyarakat di Kabupaten Cianjur, Tasikmalaya, Sukabumi, Ciamis dan Kota Bandung.

Daerah di selatan Garut menerima guncangan paling keras karena berdekatan dengan pusat gempa. Masyarakat sebagian keluar rumah. Gempa dengan intensitas sedang dirasakan masyarakat Bandung, Bogor, Lebak, Pandeglang Selatan, Jakarta, Purwakarta dan Ciamis.

Berdasarkan intensitas gempa dirasakan di Garut IV-V MMI, di Tasikmalaya III-IV MMI, Bandung II-III MMI, dan Lembang II-III MMI. “Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa. BPBD masih melakukan pendataan,” ungkapnya.(cr2)

Loading...

loading...

Feeds

43 Prajurit TNI Ditukar US Army

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa menerima kunjungan beberapa perwakilan dari tentara Amerika untuk Indonesia. Dalam pertemuan …