Ketakutan pada Air Membawa Remaja Bandung Ini Jadi Atlet Nasional

Fadlan usai latihan renang persiapan PON XIX di Jabar. (asep rahmat)

Fadlan usai latihan renang persiapan PON XIX di Jabar. (asep rahmat)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Berawal karena takut Air, A Fadlan (19), remaja kelahiran kota kembang tersebut kini menjadi atlet olah raga air yang patut diwaspadai oleh atlet renang lainnya. Berbagai kejuaraan dan tuenamen dia jabani, bahkan rekor renang tercepat selama belasan tahun sempat dia pecahkan. Simak ceritanya.

Jawa Barat patut berbangga diri karena memiliki atlet renang yang berprestasi. A Fadlan (19), remaja yang masih kuliah di jurusan Administrasi Publik di salah satu universitas ternama di Kota Bandung ini awalnya takut dengan Air, apalagi Air dingin.

Fadlan kecil, sangat kesepian dan bosan karena tidak memiliki kegiatan apapun. Melihat hal itu, tetangganya mengajak Fadlan untuk ikut les renang. Namun, dia enggan dan takut karena olahraga tersebut berhubungan dengan air. Akhirnya, dengan sedikit paksaan, sang ibu mengikutsertakan Fadlan untuk les renang.

“Awalnya sih dipaksa sama ibu, tapi sekali ikut les saya ketagihan dan akhirnya menjadi hobi sampai sekarang,” paparnya kepada radar bandung usai ditemui di kolam renang GOR Pajajaran Bandung, Senin (4/4).

Ketika Fadlan duduk di bangku SD kelas 5, dia mulai mengikuti les secara rutin, berbagai kejuaraan dan turnamen antar sekolah dia ikuti. Memang belum membuahkan hasil berupa medali emas ataupun perak bahkan perunggu sekalipun, tapi Fadlan tidak patah arang. Menginjak bangku SMP hobinya membuahkan hasil,
setiap kejuaraan renang antar perkumpulan seluruh Indonesia (Krapsi) dia juarai.

“Karena sudah hobi, saya ikuti setiap pertandingan. Alhamdulilah SMP kelas satu saya bisa menjadi juara dan menyabet medali emas,” tuturnya.

Waktu terus berlanjut, Fadlan semakin menjadi-jadi di dunia renang. Hingga 2013 dia terpilih dan mecahkan rekor renang gaya bebas di nomor 1.500 meter.

“Saya tidak percaya bisa mecahkan rekor tercepat yang sudah belasan tahun,” ungkapnya.

Selain mecahkan rekor pada 2013 silam, Fadlan juga terpilih menjadi atlet Pelatnas untuk kejuaraan Sea Game 2014 di Singapura, alhasil 1 medali perak dapat dia boyong pulang ke tanah air.

Kini bermodalkan prestasi yang dia raih karena ketekunannya. Fadlan, ditunjuk oleh pelatih cabor renang Jabar untuk diikutsertakan saat PON Ke-XIX/ 2016 Jabar.

“Ini yang pertama bagi saya mengikuti PON, semoga bisa membuahkan hasil,” imbuhnya.

Fadlan bercita-cita saat PON/XIX nanti dia bisa memboyong 7 medali emas di nomor gaya jarak jauh dan estapet.
“Yakin, saya bisa membuktikannya,” pungkasnya.(asep rahmat/cr3).

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …