Atlet Silat Pelatda-PON Jabar Fokus Latihan Teknik Individual

Atlet silat unjuk kabisa. (asep)

Atlet silat unjuk kabisa. (asep)

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setelah melakukan serangkaian try out dan tes event di Negeri Jiran Malaysia. Diantaranya, Sabah Pencak Silat Internasional (23-29 Febuari 2016) dan kejuaraan University Pangeran Sultan Idris Cup (29 Febuari-3 April 2016). Kini, cabor pencak silat Jabar memfokuskan diri pada tehnik dan gerakan secara individual, mengingat PON/XIX 2016 Jabar tinggal 5 bulan lagi.

Hal tersebut diungkapkan oleh, Pelatih Nasional Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jabar, Ika Lesmana. Menurutnya, hasil dari dua pertandingan try out d Malaysia sudah dapat evaluasi antara kekurangan dan kelebihan para atlet Pelatda-PON Jabar.

“Terutama skil andalan secara individual harus dilatih dan dipertajam lagi,” ucapnya kepada radar bandung saat ditemui di ruang GOR Padjajaran Bandung, Selasa (5/4).

Selain skil secara individu, lanjut Ika, bila melihat gaya bertanding atlet Pelatda-PON Jabar, dilihat dari sisi tehnik bantingan dan kuncian masih belum bisa terkonsentrasi secara full power. Meskipun di lain sisi kondisi fisik dan mental atlet sudah sangat prima.

“Sudah bagus sebenarnya, atlet silat Jabar terlihat berkualitas, tapi can cepel (belum lengket) tehnik kunciannya, harus dilatih lagi. InsyaAllah dalam jeda beberapa waktu sebelum PON/XIX para atlet sudah siap bertanding,” tuturnya.

Hasil dua pertandingan di Malaysia tersebut, beberapa medali berhasil disabet. Diantaranya, 1 emas, 3 perak dan 1 perunggu. Kata Ika, kemungkinan saat PON/XIX berlanggsung atlet pencak silat Pelatda-PON Jabar sudah siap dipertandingkan melebihi kejuaraan di Malaysia Open.

“Banyak sebenarnya medali yang di boyong, tapi kejuaraan di Malaysia hanya tes uji coba kemampuan, mental, taknik dan strategi saja, bisa dibilang para atlet tidak benar-benar mengeluarkan skill yang sesungguhnya. Kalah atau menang dan berapa banyak medali yang dibawa itu hanya penilaian pencapaian prestasi,” ujarnya.

Kata Ika, pertandingan sesungguhnya adalah PON/XIX 2016 Jabar. Rencananya, 26 atlet Pelatda-PON Jabar akan dipertandingkan di kategori seni tunggal dan ganda kemudian regu putra serta putri. Lalu, 15 atlet lainnya bertanding di kategori tarung putra di nomor A sampai I dan Kelas A putra serta kelas B putra.

“Target kami 5 medali emas cukup, tapi melihat beberapa pertandingan sebelumnya kemungkinan untuk menambah pundi-pundi medali bisa saja terjadi” pungkasnya.(cr3)

Loading...

loading...

Feeds

Gelaran The NextDev, Lanjutkan Inovasi Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel kembali menyelenggarakan The NextDev Talent Scouting dan The NextDev Academy tahun 2020. Pengumuman tersebut dilakukan dalam kegiatan …