Suka Merusak Perabotan, Perempuan Warga Kota Bandung Ini Dipasung

Juju Juariah (tengah) warga Bandung korban pemasungan. (foto: murwani)

Juju Juariah (tengah) warga Bandung korban pemasungan. (foto: murwani)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Kasus pemasungan masih terjadi, seperti yang menimpa warga Kota Bandung ini. Gara-gara belasan tahun menderita tekanan jiwa, Juju Juariah, 32, akhirnya dipasung selama sekitar enam bulan.
Juju sendiri terpaksa dipasung lantaran sering merusak perabotan di rumahnya.


“Kami terpaksa memasung anak kami, karena banyak merusak perabotan di rumah,” ujar Ibunda korban, Ojoh, 72, kepada wartawan, Senin (4/4).

Menurut Ojoh, awalnya Juju tidak menderita tekanan jiwa apapun. Hingga sekitar 15 tahun lalu, Juju mendapat tekanan dari lingkungan sekitarnya.

“Waktu dulu, Juju memang gemuk, berat badannya kira-kira 72 kilogram. Dengan bobot badannya yang berat itu, banyak teman-temannya yang mengejek dia,” ungkap Ojoh.

Sebab itu, kata Ojoh, Juju mulai mengonsumsi obat pelangsing. Sayangnya, obat pelangsing itu tidak banyak berfungsi.

“Sampai-sampai, ketika sudaranya menikah, Juju tidak mau difoto,” ungkap Ojoh.

Meski sudah sering dibawa berobat ke berbagai tempat, namun kondisi Juju tidak membaik permanen.

“Paling kondisinya membaik kalau sebulan sejak kepulangan dari rumah sakit. Setelah itu kembali memburuk,” katanya.

Tahun demi tahun kondisinya kian memburuk, bahkan Juju sering merusak perabotan rumah, sampai menyerang orang tuanya. Selama ini, selain dengan ibunya, Juju tinggal dengan ayahnya, Aman, 77, di Jalan Babakan Sari, RT 2, RW 8, Kelurhan Binong, Kecamatan Batununggal.

“Ini aja Juju sudah menghancurkan tiga unit teve,” jelasnya.

Ojoh mengaku, Juju sebenarnya bisa berkomunikasi dengan baik, asalkan dengan orang lain. Tapi kalau berkomunikasi dengan saudara atau orang tua, ada kecenderungan menyakiti.

Sekarang, setelah ada bantuan dari Yayasan Belajar Bersama, Juju dibawa ke RSJ Jabar, di Cisarua, untuk mendapat perawatan sampai sembuh. (mur)

Loading...

loading...

Feeds

Indikator Menuju Desa Maju

MAJU desanya, makmur dan sejahtera warganya. Mungkin ini adalah dambaan setiap orang, untuk menciptakan lingkungan yang nyaman. Inilah yang disebut …

Sosok Habib Rizieq di Mata UAS

POJOKBANDUNG.com – Ustadz Abdull Somad (UAS) memberikan pandangannya terhadap sosok Habib Rizieq Shihab. Imam besar Front Pembela Islam (FPI) itu …