Jelang El Clasico: El Pistolero, Sang Predator Utama

messi

messi

POJOKBANDUNG.com, BARCELONA- El clasico bukan melulu panggung bagi Lionel Messi di kubu Barcelona. Ataupun Cristiano Ronaldo di tubuh Real Madrid.


Penyerang Barcelona Luis Suarez mulai mengambil peran penting dalam bentrok yang ditonton lebih dari 1 Miliar manusia itu.

Suarez mencatatkan namanya sebagai pemain tersubur Barcelona dengan 43 gol dalam 43 laga Barcelona di semua ajang kompetisi musim 2015-2016 ini. Melihat capaian itu, pantas kalau lini belakang Real was-was.

Bergabung dengan Blaugrana, julukan Barcelona musim 2014-2015 Suarez terus menapaki puncak-puncak kejayaan. Pada musim perdananya pemain 29 tahun itu langsung meraih treble bersama Barcelona.

Tropi La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions ada digenggamannya. Keharuman nama di kancah domestik dan Eropa itulah yang tak didapatkan Suarez selama empat musim membela Liverpool. Glory menjadi alasan utama El Pistolero, julukan Suarez, meninggalkan Premier League dan Liverpool.

Seperti diberitakan Marca, legenda Real Madrid Carlos Santillana mengatakan fokus pemain belakang Real kepada Suarez harus dilipatkan. Dalam tiga kesempatan el clasico yang diikutinya, Suarez membobol Real tiga kali.

“Bukan sekedar membobol gawang lawan yang jadi keunggulan Suarez. Dia juga menjadi pemain pertama yang bertahan ketika kehilangan bola,” ucap Santillana.

Bagi pria berusia 63 tahun itu karakter menyerang dan bertahan yang dimiliki Suarez padahal posisi aslinya adalah striker tak dimiliki semua orang. Bahkan Lionel Messi atau Neymar, patner Suarez di trio MSN.

Di mata Santillana, pada kemenangan 4-0 Barcelona atas Real musim ini di Santiago Bernabeu (21/11) Suarez berandil besar. Gerakan tanpa bola pemain timnas Uruguay itu meneror bek dan kapten Real Sergio Ramos juga kiper Real Keylor Navas.

“Suarez adalah pemain kunci dalam el clasico ini. Karena Neymar juga Messi tak punya kemampuan seorang penyerang murni seperti layaknya Suarez,” ujar Santillana.

Pada musim pertamanya, yakni 2014-2015 lalu, jumlah gol Suarez tidaklah terlalu signifikan. Yakni 25 gol di semua ajang. Seiring membaiknya kombinasinya dengan dua partner in crimenya, Messi dan Neymar, jumlah gol Suarez mengalami lonjakan tajam.

Suarez kini tinggal berjarak dua gol dengan penyerang Real Cristiano Ronaldo sebagai top skor La Liga.

Ronaldo sudah mengumpulkan 28 gol. Sedang dikomparasi di top five liga Eropa, Suarez pemain keempat tersubur di liga. Setelah Gonzalo Higuain (29 gol), Ronaldo (28), dan Zlatan Ibrahimovic (27). (dra/caf)

Loading...

loading...

Feeds