Polda Jabar Amankan Bobotoh dan Aremania, Pergi-Pulang

Apel Pengamanan _Khairizal Maris

Apel Pengamanan _Khairizal Maris

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sebanyak 6 ribu personil Polda Jawa Barat dikerahkan untuk mengamankan dan mengawal Bobotoh dan Aremania yang berangkat ke Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (3/1/2016). Bobotoh dan Aremania itu akan menyaksikan langsung laga final Piala Bhayangkara 2016.


‪Kapolda Jabar, Irjen Pol Jodie Rooseto, mengatakan, pengamanan dan pengawalan kedua suporter tersebut tidak hanya dilakukan ketika berangkat saja. Kepulangan dua suporter dari stadion, terutama Aremania, suporter Arema Cronus, juga akan dilakukan.

‪Hal itu berkaca dari pelemparan batu yang terjadi ketika Bobotoh pulang dari Stadion GBK usai menyaksikan final Piala Presiden. Akibatnya sejumlah bus rusak dan dua anggota Polrestabes Bandung terluka akibat terkena pelemparan batu yang dilakukan orang tak dikenal.

‪”Kami sudah berupaya dari pengalaman dan sudah mengevaluasi dan memperbaiki. Seperti peristiwa di Cawang kami koordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk melapis pasukan. Di Cililitan dan Bekasi juga,” ujar Jodie kepada wartawan usai mengecek kesiapan kendaraan pengawalan dan pengamanan di Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta No.478 Bandung, Jumat (1/4).

‪Tak hanya berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya, kata Jodie, pihaknya juga menyiapkan tiga kompi khusus Brimob Polda Jabar bersenjata lengkap untuk bersiaga di daerah perbatasan. Tim khusus itu mendukung pasukan Polda Metro Jaya yang mengantisipasi pelemparan atau tindak pidana yang terjadi ketika rombongan suporter pulang.

‪”Jadi ini sudah operasi integrasi sudah tidak melihat batas wilayah hukum. ini namanya operasi gabungan,” ujar Jodie.

‪Jodie mengaku, pihaknya menambah personil untuk pengamanan dan pengawalan keberangkatan suporter. Tambahan personil itu juga untuk mengamankan dan mengawal Aremania, suporter Arema Cronus yang berangkat dan melintasi daerah Jabar.

‪”Kemarin sewaktu rapat koordinasi kami siapkan sekitar 5 ribu personil. Setelah Arema lolos ke final, hari ini kami tambah lagi menjadi 6 ribu personil yang melibatkan personil Polres Banjar dan Sat Brimob di Kabupaten Garut,” kata Jodie.

‪Polda Jabar telah melaksanakan apel kesiapan pasukan pengawalan pemberangkatan bobotoh yang menyaksikan laga final Piala Bhayangkara 2016, Jumat (1/4/2016). Apel pasukan itu dipimpin langsung Wakapolda Jabar, Brigjen Pol M Taufik.

‪Tak hanya apel pasukan, wakapolda pun menanyakan kesiapan personil secara langsung. Usai mengecek kesiapan personil, Taufik memberikan arahan. Ia menyebut, personil pengamanan harus jeli melihat lingkungannya ketika melakukan pengawalan. Selain itu, ia meminta setiap personil menjaga kondisi kesehatan mereka selama mengawal keberangkatan bobotoh.

‪”Saya ingatkan tidak ada yang berhenti di perjalanan jadi berhenti di GBK. Kenali betul masing-masing anggota rombongannya. Jangan sampai anggota polisinya yang hilang,” ujar Taufik. (cr2)

Loading...

loading...

Feeds

Maksimalkan Potensi UMKM dengan Evermos

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Koperasi dan UMKM menjalin kerja sama dengan e-commerce untuk meningkatkan penjualan para …

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …